Pencarian

19 October 2009

LDP SHARP XG-MB55X-L :NO POWER




Suatu sore datang seseorang orang  yang bernama ziko ,membawa sebuah proyektor (LDP)bermerek:SHARP model XG-MB55X-L dengan keluhan mati total,led indikatornya juga tidak menyala/standby (keluhan yang umumnya sangat disukai para teknisi).Tapi tidak semua perangkat demikian mudah adanya..
1.Buka lima buah baut di bagian bawah,empat di sisi pojok,satu ditengah
2.Buka tutup/casing atas,terlihat board control panel.
3.Buka empat baut pada setiap pojok blok regulator dari atas,angkat sedikit dan buka satu baut casing metal yg terletak di pinggir.
4.Lepaskan semua sambungan soket2 ( 4 untuk blower,1 power cord,1 circuit protektor,1 output regulator)
5.Angkat blok/modul kontrol panel secara hati2,karena berhubungan langsung dgn blok DSP lampu.
Tentu yang pertama kali saya cek adalah blok power suplly; kondisinya ternyata fuse-nya masih normal,Pertanda bahwa TR/IC switching regulatornya tidak short.
Blok regulator ini terbagi dua,satu untuk rangkaian blok utama/mainboard dan blok untuk supply lampu .
Setelah di amati ternyata regulator untuk sistem standby nya tidak bekerja,dari hasil pengukuran ternyata regulator ini menggunakan IC STR W6575 untuk sistem standby-nya.
Meski terlihat tidak ada komponen yg short/terbakar,pergantian IC STR ini beserta Resistor pendukungnya dan beberapa elco kecil (10/35-22/35)..membuat perangkat ini dapat "start " kembali..
Tapi tunggu dulu, setelah semua terpasang rapih kembali,perhatikan ketika kabel power cord anda masukan tegangan/PLN,bagaimana kondisi nyala led indicator led Standb-nya?..
  1.Bila masih belum menyala ,coba pastikan posisi circuit protektor-nya ( terletak di bagian depan sebelah      lampu berwarna merah,bila terprotek,cukup tekan kembali tombol merah kecilnya
 2.Bila led merah berkedip-kedip terus /flicker ,periksa apakah semua soket terpasang dengan benar,terutama soket yang menuju lampu (AN-XR20LP) dan blok DSP (Digital Signal Prosessor)
  3. Bila led berwarna hijau ,kembali ke merah,periksa rangkaian blok lampu,elco blok regulator.
Selebihnya anda hanya menunggu keluarnya tampilan seperti ini pada tembok anda.

Catatan,jangan sekali-kali anda mencabut kabel power cord ketika anda mematikan/shut down  LDP ini sebelum led indicator standby berwarna merah,meski lampunya telah mati.
  Bila anda bermasalah dengan komponen terutama IC nya ,ada baiknya anda hubungi vendornya,kecuali lampu dapat anda gantikan (bila terpaksa) dengan merek Ben-Q.
semoga bermanfaat...
regards,
zic
 

33 comments:

ryanmela said...

wah info bagus nih pak,sekalian saya mo nanya niha suaranya tidak ada, yg rusak apanya ya..?
Mhon bantuannya nichh, saya lgi service TV LG , suaranya tdk ada, speaker bagus, IC audio bagus, klo input dari ic audio power di jamper ke audio out dari IC BUS/ program / chroma ( tda 8841) suara ada, tpi volumebisa diatur. dri IC chroma ke IC power audio melewati IC TDA 7492 yg rusak IC TDA apa IC program/ chroma / BUS, ku cari tiap kaki dri IC program tidak ada tegangan yg naik turun saat volume di naik / turunkan, trimaksih atas bantunnya,juga posisi volout pada servmode 100 mhon bantuannya dan penjelasannya,

DINDIK PRISTIANDY said...

akhirnya ada lagi nih postingan nya bos...........di tunggu terus dan sukses selalu.

Aisy said...

betul betul betul!

AWIE said...

Slm kenal buat bang ZIC,artikelnya sangat menarik

Admin said...

artikelnya bagus-bagus... aku cari menu follownya ko gak ada ya...

jumadi said...

wah tambah ilmu lagi nih..setelah nemu blognya mas gbrelektronik sekarang bisa ketemu masa ...ini info yang langka..jangan lupa silaturahminya ya..manual service TV

Adhi Elektro said...

Mohon bantuannya!!!
Saya reparasi Tv Toshiba Bomba 14" dgn kendala gambar melebar kesemua arah disertai gelap (remang2)padahal V heater normal. Saya sudah ganti C pada bag. OW masih tetap saja coba ganti TR pake D2499 malah ngecit & menciut. Mohon dong solusinya
terima kasih

Lukman said...

SAYA PEMULA SBG MONTIR TV MOHON DIJELASIN PERBEDAAN KONDISI TEGANGAN TV STANDBY DG YG ON(HIDUP)..
TEPAT NYA DIMANYA UKUR TEGNYA..THX SBLMNYA..DR : LUKMAN, PALEMBANG
luckfireboy@gmail.com.

-osilator horizontal : 8-12Vdc {Teg untuk IC osc,
-driver horizontal : 50Vdc {pada kaki collector Tr driver horz}
-output horizontal : 0,2Vdc {dari IC osc ke Basis Tr driver Ho}
-Basis TR output horizontal : 0,5 VAC
-IC vertical : 24Vdc {teg B+ IC vertikal tsb}
-output vertical : 12V-16Vdc {dari IC vert menuju defleksi vert}
-heater : 6VAC
-screen (G2) : 250V-450Vdc
-RGB {katoda} : 90V-125Vdc
-video output : 180Vdc {dari flyback}

-program : 5Vdc {teg B+ untuk IC program}

Hendra Sumampouw said...

Halo bang zig, salam kenal. saya tertarik dgn pembahasan LDP SHARP. Saya punya LDP SONY VPL-ES5. Masalah, kalau dihidupin lamp stnby nyala beberapa detik kmudian brganti hijau kedip2.Tegangan out naik (5v-7v,12v-16v,15v-20v)IC REG TOP247NY. lampu LDP tidak nyala.

a15z76 said...

Postingan begitu sarat pengetahuan dan sangat membantru teknisi lain.....Pembahasan LDP Sharp ini memberikan ilmu baru bagi kami
Terima kasi bang zic.mullivi

jumadi said...

Semua informasi sangat membantu kami terutama para teknisi eletronika,



Bang zic ayo saling tukar link biar menambah saudara untuk berbagi senang dan susah bersam serta mengamalkan ilmu..


Service manual TV

Aziz Efendi said...

Selamat Siang Pak, Sediakah menjadi partner blog saya...?
Saya sudah menaruh link blog anda di blog saya, sekiranya link blog saya pun dapat ditaruh di blog Anda, semoga dengan tukeran link kita dapat sama-sama belajar, terimakasih...

NB: Silahkan cek link blog anda yang sudah terpasang di blog saya di azizefendi.blogspot.com

zyctrix said...

bang Zic aku punya tv 21" merk changhong suara maupun gambar bagus. tapi tidak bisa menanpilkan data screen .seperti MENU PROGAM VOLUME tidak bisa menampilkan data menu.jadi aku kesulitan untuk memrogam; yang rusak kira2 apanya BANG ZIC TOLONG di jelaskan; trimakasih bangZIC SEBELUMNYA;dari ANOM kota AMBARAWA.

zyctrix said...

bang Zic aku punya tv 21" merk changhong suara maupun gambar bagus. tapi tidak bisa menanpilkan data screen .seperti MENU PROGAM VOLUME tidak bisa menampilkan data menu.jadi aku kesulitan untuk memrogam; yang rusak kira2 apanya BANG ZIC TOLONG di jelaskan; trimakasih bangZIC SEBELUMNYA;dari ANOM kota AMBARAWA.

atna said...

bos saya punya msalah pada tv sanyo 21" model CG21Cf1.gambar normal.tapi suara hilang, kadang keluar tpi ndak bisa di kecilin/di besarin. ic dreiver audio yng model nempel di bawah pcb (LV1116N) apa itu yg kna bos? soal nya power amp normal. apa mungkin jga IC COM nya (LA76931A)mohon petunjuk suhu

ZIC said...

Ya..Jelas sekali..untuk mainboard sanyo {umumnya tipe dynamic} yang menggunakan driver suara LV1116N..kerusakan pada IC tersebut..: LV1116N kalau level volume yang error { tidak bisa diatur secara linear} kerusakan pada IC memori..usahakan dapat copi-nya..

ZIC said...

Canghong yang kehilangan OSD { On Screen Display}..adalah karena tidak adanya sinkronisasi sinyal OSD dari IC program..umumnya rusak pad resistor dan capasitor ceramic sinkronisasi..cari dua buah TR kembar umumnya c1815 yang dekat IC program..dan periksa berikut R nya yang rata rata bernilai 100-150K ohm.

ZIC said...

UNTUK LUKMAN HAKIM :
TV di katakan Standby adalah mematikan atau me non aktifkan bagian Horisontal..mulai dari oscillator HOR -Driver Atau Out Hor..
Semua tergantung Pabrikan menggunakan metoda me non aktifkan salah satu dari bagian tersebut..TV jadul umum nya mematikan Tegangan B+ untuk TR OUT HOR.Ada yang mematikan TEg.DRIver Hor berikut 24 volt untuk vertikal.Ada yang mematikan Tegangan 8Volt untuk IC Oscillator Horisontal..Tegangan yang tetap di pertahankan adalah Jalur 5 Volt untuk IC program..

Ahli Silsilah said...

blog yg aneh..
gak dicantumkan dimana alamat yang jelas LP2K nya itu dimana?
Bekasi dimana mas? saya mau service alat elektronik saya..
Arya 087882050817
trims..

adeden said...

qo susah masuk ya ke blog ini?
saya pengen tanya2 masalah tv.

adeden said...

saya punya masalah dngan tv polytron minimax yg lampu led nya ngedip,mohon solusinya pada para pakar elektronik smua..

Anonymous said...

bang zic,saya lagi menangani tv sharp flat 21",problemnya waktu cari program siaran auto maupun manual tdak ditemukan siaran atau chanel sama sekali.saya ganti tunernya tetap saja,dari apakah kerusakannya bang???

doni electric said...

tv sharp raster bergaris backgroung warna merah dan tak bisa menangkap sinyal tv padahal tegangan normal semua..kira2 rusak apanya.....?

ABADHI said...

Bang Zic,ditempat saya tinggal sinyal modem sangatsulit.ada nggak rangkaian semacam boster untuk memperkuat sinyalnya. saya pake modem CDMA......kalo ada tolongin saya dong bang......

Penipuan online said...

bang zic numpang nanya nih saya punya tv tadinya rusak dibagian tuner dan sudah saya perbaiki lalu pada saat saya hidupkan tvnya ada kebocoran di tabung yg ada kbl merah dari flyback lalu saya lem bagian itu menggunakan glue gun dlm kondisi tv menyala dan tiba tiba duuuar suara letusa keras sekali dari tabung itu dan tv mati total pertanyaan saya kira kira apa kerusakannya.elko, transistor, dioda, dan flyback saya cek nomal tetapi tv tetap tidak mau hidup juga... mohon bantuannya nih bang zic

Penipuan online said...

bang zic numpang nanya nih saya punya tv tadinya rusak dibagian tuner dan sudah saya perbaiki lalu pada saat saya hidupkan tvnya ada kebocoran di tabung yg ada kbl merah dari flyback lalu saya lem bagian itu menggunakan glue gun dlm kondisi tv menyala dan tiba tiba duuuar suara letusa keras sekali dari tabung itu dan tv mati total pertanyaan saya kira kira apa kerusakannya.elko, transistor, dioda, dan flyback saya cek nomal tetapi tv tetap tidak mau hidup juga... mohon bantuannya nih bang zic

jumadi said...

Sungguh pengalaman yang bagus, karena saya pernah mengalami dan akhirnya gagal, andaikata saya dulu menemukan artikel ini mungkin dapat membantu...

Alat copy eeprom memori LCD

Unknown said...

Bang zil tolong solusinya bang,, saya ada masalah polytron minimax max 20323 g mau star,, pernah kena petirrrr,, ic FS7UMnya dah saya ganti,, ic horizontalnya udah tp setiap dicoba!! Diode,, komponen yang lain yang ada di seputarn ic FS7UM pasti ada yang kebakar,, tolong solusinya ya ke no 081917413131

hadlan said...

Slm kenal ..Bang zic sy punya tv sanyo cg21cf1 frotek led berkedip &mengeluarkan bunyi ..cit..cit..cit & tegangan jg ngedrp tp kl fbt ny sy lepas tegangan normal,fbt dah sy ganti tp msh ttp protek kira2 apanya y bang ? & ada r445yang yg hangus,brp nilai R ny y bang? Mhn bantuanya trims..

Unknown said...

Bisa minta no Wax yah mas

Unknown said...

Saya punya tv sharp alexander mas, dia mati total habis sya coba ganti plyback karena hangus tp masih ga nyala jg, bisa minta tlong gimana cara ngatasix mas

LOVELYZ TRILOGY said...

Sip ini om, makasih sudah mau share
https://www.bukalapak.com/p/elektronik/elektronik-lainnya/k9pcn0-jual-blower-uap-cody-850-analog

HongdeeCorporation said...

This is an informative post review. I appreciate your efforts and all the best. I am so pleased to get this post article and nice information. I was looking forward to getting such a post which is very helpful to us. Best Steam Presses A big thank for posting this article on this website.

Low Vision Magnifier Suppliers