Pencarian

24 August 2009

problem EEPROM EN 25F80 By EON

   Pada beberapa eeprom dalam mpeg dvd yang banyak beredar diIndonesia ,salah satunya adalah buatan EON SILICON SOLUTION.Inc.Contohnya type EN 25F80 atau EN 25D80.
Pada artikel EN 25F80 copier,disini kami merevisi sekaligus memberikan informasi baru kepada para pembaca yang sudah membuat rangkaian copier tersebut ,bahwa : Khusus untuk eeprom type ini ( EN 25F80 ) hanya bisa dibaca ( read ) dan di tulis (write) sekali saja.( sekali write / programming )
Jadi dalam hal ini anda hanya dapat menyimpan data untuk back up file *e2p. atau *bin. dari eeprom yang normal untuk kemudian anda harus mencari eeprom yang baru ( masih kosong ) agar dapat di tulis ulang.
Jika pada suatu saat anda menulis ulang ( write / programming ) eeprom ini ,terjadi pesan error,hal ini biasa terjadi ,karena khusus untuk eeprom buatan EON ini berjenis OTP = One Time Programming.
Copier tersebut tidak bermasalah jika digunakan untuk membaca dan menulis ulang kembali pada eeprom buatan pabrikan lain ( ST, windbond,AT dll).
Tapi tidak ada salah kita selalu berexperimen ,karena pengalaman adalah guru yang paling berharga.
Semoga bermanfaat,salam sukses selalu...

best regards,
zic

16 comments:

Aisy said...

Naaaaahhhh.........akhirnya datang juga,artikel terbarunya,wellcome back Kang Zic! jangan padam lagi SEMANGATnya!

Zaenal Electronic said...

trus, yang bikin mumet... dapetin icnya darimana???? kalo ada toko yang jual, kasih tau dong...?
Eon, Amic, Winbond Atmel, pokoknya yang 25F (tegangan 3,3V atu 5V) gak papa yang penting ada stoknya...?
sering trobel tuh icnya... he he he

hari servis said...

Bang ZIC akan ku coba esperiman di tempatku ada icnya .

Nugroho said...

artikel yg bagus bang Zic. salam kenal....semangaaatt!!

Zaenal Electronic said...

Sekedar memberi koreksi, EN25F080 berjenis flash TETAPI mempunyai lock bit OTP, selama lock bit tersebut belum diset, masih read/write. EN25D080 real OTP. thx

Service DVD said...

en25f80 saya sering tulis pakai MTK tool ,karena langsung ditulis dimesin dvd ,ini cuma share pengalaman saya lho

SAWALI ... ALI said...

Bang zic artikelnya kluarin lagi dong yg bagus bagus biar teman teman gak bisa tidur sambil nunggu saur. trim dariku.

Anonymous said...

Salam..Naaaaaaaaaaaaaahh!!!! juga buat bung aisy..
Naahh..akhirnya keluar juga komentar dari para sahabat kita yg lain..cuma sayangnya ada yg masih agak ragu berbagi informasi,saya sangat berterima kasih atas komentar dari bang Zaenal dan mas ST DVD,tentang copier SPI en 25f080..sy sangat berharap ada kontribusi dan sumbangan informasi dari anda secara lebih detail , jadi tidak harus menunggu up date dari kami yang kadang sering sibuk juga..thank's untuk semua..

Unknown said...

Halo semua salam kenal aja nih.dari oviservice elektronik. Buat bang zic bgs artikelnya.

Zaenal Electronic said...

Untuk detail 25xxx bisa baca datasheetnya. Untuk blajar ngeflash dvd silahkan kunjungi blog saya, www.zaenalelectronic.blogspot.com maturnuwun

Elex2008 said...

Pak Zic, tv saya Sansui 29" tidak bisa menangkap siaran, pada saat auto/manual search chanel tidak bisa lock ketika menangkap siaran stasiun tv alias bablas terus, VCC=12V, VT=0-33V, AGC=7,5V. fitur dan fungsi lain (AV dll) ok, letak trafo if ada dimana ? apakah di dalam tuner atau dekat IC Processor ? mohon petunjuknya dan kalau bisa sekalian gambar/letak dari trafo if tsb,terima kasih sebelumnya.

Service DVD said...

haello bang zen! & sobat2 montir saya mau tambahin nih ,berdasarkan troubleshooting saya ,ic en25f80 dan para cs nya amic,winbond ,pokoke yang sejenislah ,coba usahakan pakai program mtk flasher dari "new age"
versi V0.5.2.0 ,program ini sangat muantap tenan buat copy write dari DVD berbasis sunplus 8202l ,mtk1389,samsung,zoran
saya udah mencoba beberapa kali tanpa problem ,mungkin rekan2 bisa mencobanya ,dan juga tolong kasih masukan ke semua teknisi

PRADANA SERVIS PROLINK said...

allow mas zic... aku nih buat skema tapi yg aku bingung buat vcc nya? pemasangannya 5volt ,berarti klu menurut skema ini ,vcc masuk dong ke port db9 ,untuk vcc aku ambil dari pc usb ,mohon saran ya mas

Anam said...

Salam kenal smua n tanks Mr ZIC atas informasinya trus untk mendptkan itu eprom apakah da ada d Surabaya? tolong kasih tau infonya

Ahli Silsilah said...

blog yg aneh..
gak dicantumkan dimana alamat yang jelas LP2K nya itu dimana?
Bekasi dimana mas? saya mau service alat elektronik saya..
Arya 087882050817
trims..

Unknown said...

Ikutan juga dung BOSS soket untuk copy eprom menuju PC pake soket apa??? atau via USB..mohon info..