Pencarian

07 March 2009

MPEG DVD UNIVERSAL

JING_CAI UNIVERSAL DVD MPEG BOARD

Satu lagi produk china yang serbaguna; JING-CAI universal mpeg DVD.
Kemudahan sekaligus kehebatan mpeg universal ini adalah:
1.Hanya menggunakan catu daya tunggal ( 5V DC )
2.soket mekanik dan optik yang umum dan universal ,bahkan disediakan 2 buah soket untuk type yg berbeda ( suport untuk kebanyakan type optik DVD )
3.mempunyai fasilitas untuk menyesuaikan diri dgn remote asli (orisinil)
4.mempunyai fasilitas untuk menyesuaikan perintah panel dan tampilan LCD pada hampir semua merek LCD/DISPLAY panel DVD
5.mempunyai fasilitas VGA out dan DVD out
6.mempunyai fasilitas masukan untuk USB ( port USB yang terpaket langsung )
7.dapat diaplikasikan pada hampir semua perangkat DVD player ataupun VCD player(up-grade) .

CARA PEMASANGANNYA :

1.PASANG /SAMBUNGKAN SEMUA SISTEM SOKET BAIK UNTUK MEKANIK TRAY MAUPUN MEKANIK SERVO SESUAI DGN IDENTITASNYA .
Jika Player menggunakan sistem penutup yang PULL-UP / buka tekan ( pada kebanyakan Player merek polytron),anda cukup memasang dua buah kabel hanya untuk swith CLOSE nya saja.
2.PASANG KABEL OPTIK PADA SOKET YG SESUAI ( terdapat dua pilihan type optik : untuk optik sony/hitachi dan optik sanyo ).
3.BEBERAPA TYPE OPTIK YG DI DUKUNG ADALAH :SANYO SF HD60, SF HD62, SF HD 65, SONY KHS 313 dan lain2 ( anda dapat mencobanya sendiri ).
4.PASANG KABEL SISTEM PANEL / LCD SESUAI DENGAN IDENTITASNYA ( SDA - SCK -STB DAN VCC) UNTUK SENSOR REMOTE, ANDA HANYA CUKUP MENGAMBIL SATU JALUR SAJA LANGSUNG DARI KOMPONEN SENSOR IR yaitu JALUR IR nya SAJA.
5.PASANG SEMUA JALUR UNTUK AUDIO DAN VIDEO JUGA PORT USB YG TELAH SIAP PAKAI.
6.YANG TERAKHIR ADALAH MENYAMBUNGKAN JALUR POWER SUPLY (5VDC) SETELAH SEMUA INSTALASI TELAH TERPASANG DENGAN TELITI DAN RAPIH.
7."GETTING STARTED AT THE FIRST TIME"....player anda pun siap beraksi...
MPEG universal ini amat sekali berguna sebagai alternatif pengganti mpeg yg sulit di dapat,juga sangat menarik bila anda ingin meng UP-GRADE sistem player dari VCD ke DVD ..
Apalagi mengingat harga nya yang relatif murah ini ( di Harco glodok saat ini harganya sekitar RP 110-130 ribu )
Bagi anda yang berpengalaman dalam menangani DVD,tentu sudah sangat faham cara pemasangannya ,tapi mungkin masih agak sulit buat seorang pemula atau bahkan hobiest yang ingin mencobanya,sebab itu...................
Artikel berikutnya adalah : Bagaimana cara menyesuaikan setting pada PANEL LCD ,TOMBOL PANEL serta REMOTE control agar dapat berfungsi sebagai mana mestinya...
terima kasih atas perhatianya.

BEST REGARDS,
zic

56 comments:

Awi said...

Terima kasih banyak atas infonya bang. Info yg cukup segar buat saya sebagai pemula. Saya mau nanya, saya punya vcd player kalo mau ubah ke dvd harus ganti mpeg dvd seperti diatas, apakah harus ganti mekaniknya vcd pake yg punya dvd ? Trus bagaimana cara supaya mpeg vcd bisa berfungsi dgn baik jika di pasang ke mpeg dvd ?

Awi said...

Maaf terlalu buru2, maksud saya apakah lcd vcd bisa berfungsi jika dihubungkan ke mpeg dvd, soalnya kan beda pinnya ? Terima kasih

ZIC said...

Betul sekali ,dan saya rasa anda pasti akan tersenyum ketika melihat bagaimana cara MPEG UNVERSAL JING-CAI ini dapat menyesuaikan diri pada hampir semua type dan merk display panel baik LCD , VFD bahkan SEVEN SEGMEN.Dan juga mampu menyesuaikan dengan semua fungsi remote control hampir semua merek baik VCD maupun DVD.
Ke Istimewaan lainnya juga akan dapat anda lihat pada artikel berikutnya.
THANK'S
zic

Lekmans said...

mau nanya dong, kalo kita mau meng-upgrade vcd player, apakah harus mengganti opticnya juga, misalnya optic dah sesuai dengan optic yang didukung oleh m-peg tsb (dari segi merk)?

Aisy said...

Memang benar pak zic,JING CAI DVD versatile MPEG Board sangat fleksibel dan mudah di aplikasikan hampir di semua merk DVD,untuk setting remote dan panelnya pun juga lumayan mudah,untuk versi VCD juga ada lo pak,untuk harga di daerah Madiun sekitar 60rb sampai 75rb,setiap ada DVD/VCD yang sudah tidak bisa tertolong lagi,menggunakan produk ini memang sangat membantu,terima kasih dan sukses selalu.

kuturimbo said...

Terima Kasih Banyak Boss, Artikel anda mantaff sekali, kebetulan lagi dapat 2 pasien yg rusak mpeg boardnya. Mudah-mudahan mpeg universal ini ada di jual di Kota Jambi.
Salam dari Jambi
Iwan

Tony Virawan said...

mas Zic bisa minta tolong untuk memasangkan modulnya ga mas.
Mas bisa service tv juga ga yah?
saya ada barang elektronik yg ingin diservis mas diantara:
tv sony 38 (gausing)
mini hifi sony (dvd ga jalan)
tv projection (blank ga nyala sama sekali)
hubungi saya mas bila sempet di 08999-711-801 dengan saya tony
saya lokasi di jakarta mas
anytime mas zic

thanks
tony

Asep elektro said...

ms ZIC sy pnya monitor Gausing udah di ganti PTC tetep, tapi setelah 1jam lebih gausing berkurang, tidak hilang tolong dong?

ZIC said...

maaf salah kamar pak ..tolong di artikel monitor saja..
terima kasih

Awi said...

1. Apakah dgn memutar disc yg udah tergores, tersendat2, dpt memperpendek umur optic vcd ? Apa saja yg dpt memperpendek umur optic ?
2. Vcd saya dr thn 2003 belum pernah ganti optic, sekarang sudah mulai pilih2 karet. Vcd saya menggunakan optic sony KSS213C. Apakah ada optik tipe lain yg lebih tahan lama ? Kalau ada, tipe apa ?
3. Mengapa dvd cepat rusak dibanding vcd ? Saya sering mendapatkan dvd yg suaranya mati salah satu kanal, suara mati kedua kanal, dan suara kecil salah satu kanal. Apa penyebabnya ? Bagaimana solusinya ? Terima kasih

PRADANA SERVIS PROLINK said...

mas zic ni ada dvd merk elite ,yang aku tanyakan mas .. ,bisa gak ni di kasik usb ni masalah nya ada tempat usb di mpeg mas ,cuman aku mau pasang takut aja tar flas disc aku rusak,gmna mas zic minta penjelasan ,buat mas zic trim

solderknight said...

Bila pemasangan nya benar.anda tak perlu takut flasdisk nya rusak..

Medoho said...

Haiii semuanya... blogwaling dunk... ke blogku,

Kumpulan Aplikasi, Games & Tema untuk semua tipe Handphone, TERBARU, TERLENGKAP & FULL REGISTER,
dilengkapi tutorial cara instalnya ke Ponsel, http://mobile-gaul.blogspot.com

Kumpulan tutorial lengkap yang berguna untuk memaksimalkan fungsi handphone, http://medoho.blogspot.com

bhardjo said...

Mas, kalo Mpeg Jing-Cai dipasang di VCD Minicompo Samsung yg input CDnya 3(tiga) apa bisa?fire

P@K SIS said...

Mas Zic kayaknya di jogja Nih MPEG belum ada tuh. Kalo misalnya kita pas butuh bisa dong pesan ama mas?

solderknight said...

Buat barjho..untuk merubah vcd 3 disc samsung ke dvd..gunakan ketrampilan anda untuk meletakan tray /mekanik plus optik dvd pada compo anda.yg penting buatkan kedudukan untuk mekanik tsb agar pas dan lancar.
Pak sis : mungkin supplier belum menyentuh jogja..coba anda hubungi agen /supplier di jakarta/harco glodok dahulu

bening said...

trima kasih atas infonya dan ilmunya, bang,terutama bagi saya yang belum mengeti dan paham tentang vcd maupun dvd....mohon bantuannya ya bang! bagaimana caranya kita mengetahui dan cara test optik,mpeg itu bagus apa tidak? dan letak pre amp. optik itu damana,ya? trims atas bantuannya semoga tambah sukses,amin!

jangyudi said...

Bang ZIC, Salam kenal dan sukses selalu.
Mau nanya neh, VCD Polytron 2016, Motor Spindle ngga muter, tapi motor Tray dan motor penggerak optic nyala. optic juga bagus.
Saya cek tegangan ke motor Spindle-nya ternyata tidak ada. Apa Mpeg-nya yang rusak?, terus apa harus diganti keseluruhan Mpeg atw begerapa komponen saja?.
Oya kalo pengen diupgrade ke DVD bagian apa saja yang harus diganti?.
Terimakasih bang ZIC, dan mohon penjelasannya.

ZIC said...

Kalau motor spindle masih bagus.coba ganti IC servo ( CD 5888 ) pastikan suplly tegangan untuk IC servo periksa R pembatas untuk jalur 8V ke IC ini..

Unknown said...

om zic,MPEG universal tak mosif sebagai audio mobil dengan menggunakan flashdisk,tapi yang jadi masalah kok memorynya gampang reset,disply acak acakan,dan remot juga ngacak,kan tak set ulang lagi tar beberapa hari reset lagi,apa ada solusi biar memorynya gak reset,apa ada kesalahan yang saya lakukan?

sawali said...

BANG ZIC sy mau tanya sarvice mode dvd vitron trimakasih.

sawali said...

BANG ZIC kasih alamatnya dong sama no.Hp... ini no.saya 081575256208. saya sangat sangat pengen kenal dengan BANG ZIC. trimakasih atas kebaikanya. SAWALI BATANG JATENG.

aan said...

om,.. gmna cara settng utk remotnya dan tombl2nya.ok tk tgu....

SIS said...

ZIC ditunggu artikel terbarunya.Tank's

. said...

Bang zic..saya mau nanya
kalo postingan bang zic saya taruh di blog saya ,tapi saya kasih link (http://www.zicelectronic.tk/)
boleh tidak ??

sidoel said...

Pa' Zic, sy punya Mini Hifi merk Philips (model lama) dan hanya bisa membaca "cd audio" saja, yg lain (Mp3 & VCD) tidak bisa. Kata teknisinya memang hanya bs baca cd audio saja karena model lama.
Yg saya tanyakan, gimana caranya agar Hifi tsb bisa baca semuanya?
Apa bisa dimodifikasi ke DVD menggunakan JING-CAI universal mpeg DVD? (Compatible dengan Hifi-ny nggak?)

Unknown said...

Salam kenal bang Zic, langsung aja saya pasang MPEG DVD UNIVERSAL pada COMPO POLYTRON MODEL GD 912M, permasalahanya remote no respon dan type display tidak ada yang cocok, tapi kalau sensor saya langsungin ke PCB bisa dengan remote lain, remote asli polytron tidak bisa, gimana ya bang, mohon bantuanya dong ?

Unknown said...

Salam kenal buat bang zic.saya mau ikutan gabung ?dari oviservice elektronik blh ya bang. ?ma.af bang zic .sebelumya.

MASTER BISNIS said...

Mas, boleh minta alamat emailnya gak? sy pengen diskusi ttg elektronika

heidhou said...

saya pernah beli Universal DVD Board MTK, pas lagi sting power suply rusak. setelah saya ganti power suplynya dilayar muncul tulisan CPU ERROR. gimana cara memperbaikinya. tolong di bahas bagi sapa aja yang tau caranya.

heidhou said...

saya pernah beli Universal DVD Board MTK, pas lagi sting power suply rusak. setelah saya ganti power suplynya dilayar muncul tulisan CPU ERROR. gimana cara memperbaikinya. tolong di bahas bagi sapa aja yang tau caranya.

Unknown said...

salam kenal buat bang zic.izinkan saya ikutan gabung. terimakasih banyak penjelasan dr bang zic sangat membantu sekali bagi sy yang sedang belajar service tv bang zic jual alat buat copy memory tv ga? kalau ga salah ada hardware untuk copy memory tv pake komputer apakah bang zic menjualnya terima kasih. oh bang zic bagi alamat e-mailnyanya dong

RIZQI ELEKTRONIK said...

saya mau tanya nih.Saya punya servisan vcd polytron,motor open - closenya tu cuman muter sebentar,itu apanya,apa mpegnya,kalau mpegnya belinya dimana dan harganya berapa?soalnya di solo nggak ada,terimakasih.

digizer said...

artikel cara setting tombol dan remotenya mana ya...

ari said...

sebelumnya maaf, salam kenal.mas saya punya kerjaan dvd cina.motornya cepat dan optiknya terlalu maksaain.di iringin bunyi cetak cetek.optiknya udah saya ganti sama aja.masalahnya ada di mana ya mas.mohon kontrbusinya.banyak terima kasih.

nanangblog said...

bos 3x sya beli mpeg dvd universal ke 3nya tdk dapat baca dvd disk tapi bisa baca vcd disk. dengan optik DL-6 dan HD-62 barupun tetap tdk bisa baca bagaimana memperbaiki keluhan ini, makasih sebelumnya

Ardian_sy said...

Mas ZIC, salam kenal dan terima kasih buat infonya. Saya punya 1 unit dvd Polytron BB.2312 dan kebetulan MPEGnya sekarang sdh rusak. Sy sdh bawa ke tempat reperasi dan katanya harus diganti. Tentu harga aslinya mahal dan sgt sulit diperoleh di daerah sy. Saya tinggal di Banda Aceh. Apakah MPEG dvd universal ini compatible utk dvd sy? kalo cocok, bisa gak sy oder langsung ke Mas ZIC? Ditunggu feedbacknya.
Thanks in advance.
Ardian
(ardian_sy@yahoo.com / HP: 0813-60368663)

Made said...

bang zic, mohon bantuannya, setiap kali saya pasang mpeg multi, kenapa gak bisa pake optik samsung DL6(cuman bisa baca haset vcd) tapi pasang optik SF Hd 65, langsung normal, saya baca di buku manualnya, harus upgrade beberapa file, pusing deh, makasi atas bantuannya

avo gradfox said...

mlm bos.mpeg dvd unvrsl sy gagal upgrde krn mati lamp,mpeg jd ga nyala display ga tampil,mohon solusinya bos

avo gradfox said...

tanya dong,bagaimana memperbaiki mpeg dvd universl gagal upgrade.saat upgrade listrk padam,mpeg trus ga hidup.thank bos.

ethoh said...

saya beli MPEG Universal jing cai, setelah saya pasang dgn optik hd 62, hasilnya 'bad disc', saya coba stel optik tapi hasil tetap sama, saya ganti dgn optik khs 313 tapi tetap saja 'bad disc'. Mengapa bisa demikian mas zic? . Karena hasilnya tetap bad disc, kemudian Saya coba setting, setelah selesai set panel, spt dlm buku petunjuknya, dilayar akan mucul 'save ok'. Tetapi ini tidk dmkian, malah muncul 'select servo',

ethoh said...

menurut bukunya, menu select servo akan muncul bila cd upgred dimasukan. Cdnya saja bad, ini kok malah mucul, lagi pula pilihanya (S313) tak mau terkunci meskipun ditekan enter. Pada akhir menu2 ini mucul 'vfd key: save ok', bila ditekan ok mucul angka 20 kemudian 30, dan akhirnya akan mucul 'vfd key:' dan macet. Bikin saya pusing dan saya berpendpt, jing cai menjadi jing su saja.

eay said...

mas, gambar diatas ga ada tuh conector untuk usbnya, saya punya yg seperti itu dan setelah baca artikel sampeyan aku liat2 lagi ga kutenukan untuk usb, trus kalo mo pasang usb gimana mas...? thanks

Duandwi said...

kalo pakai optik samsung bisa gak?

Duandwi said...

kalo pakai optic samsung suport gak bang soalnya saya coba di optik samsung kok gak bisa trus masukinnya di soket mana yang sanyo apa hitachi,trims infonya

dendi said...

salam kenal gan
mo nanya nich gan, seandainya saya hanya mo make media usbnya saja bisa nggak gan dipake???
mohon infonya gan

div teknis Revicon said...

om, bisa beli boardnya saja kah?trims

DW ELECTRONICS said...

BerapA harganya gan..mpeg dvd universal tu

tikno said...

Gimana cara belinya gan? Berapa harganya?

Unknown said...

Big Band merek Polytron dengan kerusakan DVD dan USB /MP3 tidak berfungsi.. dicoba dihidupkan ternyata benar, Kaset DVD tidak mau berputar. ketika pintu open close dibuka dan ditutup kembali, DVD kaset tetap tidak bereaksi. kira2 kerusakanya apa ya mas.....

solderknight said...

Pastikan pada jalur power supply untuk m-peg Board DVD nya ada supply tegangan %V dan 12 Volt.Biasanya kehilangan atau sering terjadi masalah pada tegangan 12volt nya ( transistor type A untuk supply 12 volt lemah ).
kalau ada tegangan supply 5 dan 12 voltnya bisa dipastikan board Mpeg DVD nya rusak. dvd hanya bisa close/loading saja terus menerus tanpa reaksi dan pesan no disc di panel depan lcd.

Unknown said...

Malam mas, mau nanya klo compo dvd polytron disk error, open/close tdk mau, yg rusak mpeg nya atw apa y, makasih maa

Unknown said...

mohon pencerahan apa bisa di aplikasikan ke compo yamaha GX700

Unknown said...

Untuk pemesanannya gimana?

Mas said...

Bang maaf, kalau dipasang pada player dvd polytron pht500sr soket powernya ke pin mana ya(digambar dalam artikel ini) karena kan beda dengan aslinya,
Mksh

Unknown said...

Bisakah DVD Tape Casset Polytron yg jadul dipasangi Port USB? Krn punyaku yg jadul blm ada Port USBnya?