Pencarian

05 February 2009

MONITOR LCD LG FLATRON PROBLEM



Menambahkan masukan dari sahabat kita :Bpk nuryadi ( teknisi geoservices ),saya mendapat kesempatan untuk melihat dan membongkar isi perut dari monitor LCD merk LG seri FLATRON mulai dari 15" - 25" di workshop geoprolog kota balikpapan.
Pada semua seri FLATRON LCD,kerusakan yg amat sering terjadi adalah kerusakan pada sistem regulatornya dan hampir terjadi pada semua type ( mulai 15"- 25" ).Ini mungkin di sebabkan karena kerja monitor yang memang nonstop 24 jam terus tanpa istirahat sedikit pun.
Kebetulan kali ini ada satu " patient " yang akan kami bongkar,yaitu type : LG FLATRON L 1753S-BF yang mati total.
Untuk memulai mereparasinya dapat anda ikuti langkah-langkah berikut ini :
1. Buka /lepaskan 4 buah baut di belakang panel.Baut ini mengunci casing panel belakang dengan box metal dari rangkaian regulator dan inverter.
2. Buka casing monitor dengan cara menggunakan obeh pipih (Minus)untuk melepaskan kunci casing body di semua sisi body monitor.Karena monitor LCD ini tidak menggunakan baut sebagai pengunci body.seperti saat kita membongkar remote control.
3. Angkat casing belakang panel dan lepaskan soket J1 ,soket yg menuju tombol panel control disisi samping.
4. Lepaskan soket yang menuju perangkat LCD ( soket-soket inverter dan kabel data LCD )hati2 jangan sampai kabel data nya robek.
5. Buka box metal penutup blok regulator dengan cara melepaskan isolasi/perekat nya.
6. Buka baut PCB blok regulator ini agar dapat kita angkat/keluarkan dari dalam box pelindung ini.
7. Segera dapat anda lihat langsung ,ada beberapa elco 2-3 buah yang kelihatan menggembung, yaitu : C202 ( 470/25V ), c203 ( 680/25V ) dan C204 (1000/25V).
8. Ganti ketiga komponen tersebut, It's finish then working....mudah bukan?..
Sebagai tambahan regulator ini menggunakan transistor utama type : STK 0765,bila sulit mencari penggantinya dapat anda gunakan TR FET type : FS 7UM atau FS10 UM.
Jika anda mendapatkan keluhan dari monitor LCD LG FLATRON type berapa saja,jangan ragu untuk mereparasinya karena hanya bagian ini saja lah yang sangat sering terjadi kerusakan.
Sangat mudah bahkan bagi para pemula sekalipun..
Semoga bermanfaat..just say " thank,s" for mr.nuryadi atas kesempatan yg di berikan kepada saya untuk membongkar isi perut MONITOR LCD LG FLATRON.


regard.
zic

27 comments:

Sutrisno / Mandor said...

sip infonya,thx.Aku ada kasus lcd samsung 931BW,kerusakan pada inverter,sudah ganti inverter baru (ori) 3 hari mati lagi.Bagian mana yg rusak dan apa penyebabnya.thx

udhien said...

dear ZIC............,



Langsung saja pada pokok masalahnya ya..............

Saya lagi ngerjain tv sharp 14" Q vision (14s20d) yg menggunakan ic laba2x, sy sdh ganti jokdefleksi tapi grb tdk penuh (sblx dilayar bentuk pinggang). Layar atas dan bawahnya hitam sekitar 1 cm. Sy sdh panasin bagian vertikal ( LA 7804 ON). Menurut info yg sy dpt hrs di set di menu vertikalx.



thx

Anonymous said...

LCD samsung 931 bw:Kerusakan tersebut di akibatkan maalah pada blok RGB/VGA modul.periksa semua elco di modul ini sebelum pergantian Inverter.Tegangan yg tidak normal dapat merusak chip Inverter.

Unknown said...

"lcd LG 15" elc sdh saya ganti tegangan normal cuman lampu lcd start pertama nya beberapa detik langsung mati gbr dlm lyar ada apnyany ya yg rsk"

baburinix! said...

bang zic, nanya lg nih.
monitor U vision
layar selalu berkedip gelap disertai kilatan-kilatan dan cahaya2 seperti bintang.
kira-kira apa penyebabnya bang?
semua bagian sudah di solder.
tampilan gambar bagus aja cuma itu tadi mas masalahnya..
vga bukan mas..murni di monitor
terimaksih mas atas bantuannya

Sutrisno / Mandor said...

makasih bos jawabannya...

Anonymous said...

LCD LG 15".masalah tersebut mirip dgn kasus samsung di atas.Ganti saja elco 470, 100,47.di bagian Modul VGA.
Pastikan semua elco di output regulator di ganti semua.
Bbrnx : Bersihkan kop FBT dan ganti soket RGB.Periksa kapasitor keramik di collector TR Hor OUT.ganti Elco driver hor.Dua penyebab gejala ini:
1.Terjadi kebocoran teg EXT tinggi dari FBT.
2.Osilator Hor tidak stabil.

baburinix! said...

klo monitor tulisan nya kabur...terus kalo udah lama di colokin listrik tidak kabur lagi..kira-kira apa ya bang zic?

ZIC said...

Tunggu saja artikel berikutnya, akan ada bahasan tersendiri.
Terima kasih atas masukannya.
zic

Opank Nino said...

Terima kasih atas infonya, sangat berguna sekali buat saya memperbaiki LCD sendiri.

abdul khalil said...

di mana bisa saya beli adaptor lcd lg 15"?

Averoes said...

Mr. ZIC.....
Saya ada masalah di LCD LG Flatron 15", jika kabel data monitor tdk dihubungkan dgn VGA card, kondisi monitor normal (menyala), tapi pas dicolokin kondisi monitor menjadi berkedip. elco di bagian regulator dan VGA drive semuanya sudah diganti. diganti kabel data VGA dan tukar CPU juga masih sama. mohon bantuannya. trims.

4L1F said...

saya ada masalah dg lcd monitor LG flatron type 941s. dimana power suply normal tapi tidak mau hidup sama sekali/tmbl on-off tdk berfungsi. siapa bisa bantu?

4L1F said...

mohon bantuan juga untuk lcd HP,dimana pada layar hanya ada tmpilan blank dengan garis2 horisontal.

Early Tokyo said...

Saya coba bongkar LCD flatron, dan betul beberapa elconya kembung dan saya sudah ganti, tapi waktu pas mau pasang, saya bingung mau pasang kabel pink dan putih ke sokectnya, ada 2 pasang, jadi soket yang pink ke mana dan yang putih kemana, mohon bantuannya, maklum nubi baru coba coba :) terima kasih sebelumnya, wassalam

dhaniucrit said...

gan. mo tanya nih.
ane mau ngelepas batang stand lcd LG w1643s. tapi ga tau caranya.
body belakang lcd sih ky nya clip-on.
pengen bongkar, tapi takut pecah nanti sisi-sisinya.

tolong dibantu pencerahan nya.

terima kasih.

berikut link contoh gambar back lcd nya:
http://cdn-u.kaskus.us/4/atjgi6a3.jpg

Manjadda wajadda said...

Assalamualaikum,alhamdullilah saya menemukan blog ini sangat membantu dalamtehnik reparasi dan memberikan semangat tidaputus asa

Alif Cellular said...

Gan Saya ada masalah di LCD LG Flatron 15" Type L1530S,kabel data dan poer di hubungkan normal cuma Gambar tidak jelas (warna pudar)dan pergerakan gambar lamat,kira2 apanya Gan?ditunggu infonya gan,terimakasih

Alif Cellular said...

Gan saya lagi ngerjain lcd flatron L1530S masalahnya gbr tidak jelas,gerakan gambar lambat dan saya dah coba bongkar ternyata ada bagian yg korosif di mainboad dekat soker VGA yg ke PC tapi sudah saya bersihkan tapi tetap tidak ada perubahan kira2 apanya gan?di tunggu infonya Gan,txs

Unknown said...

My LG flatron monitor have a problem ...when I on my cpu power the monitor totally black..
Please tell me
What I do?


Souvik

Putra Cakra Katulistiwa said...

Langsung aja. LCD saya L177WSB. Keluhannya gambar monitor jadi kabur, terlebih pada tulisan. Sangat tidak nyaman untuk dilihat. Umur sudah hampir 4 tahun dan terbilang cukup sering digunakan. Mohon solusinya. Terima Kasih.

Unknown said...

pagi gan,, saya mw nanyak ni, LCD monitor saya yang merkx LG flatron mengalami masalah, powernya berkedip kedip tanpa ada respon ke cpu maupun ke TV kombo,? tolong solusinya gan, trimakasih

warungku said...

ok om saya problem pada monitor lg w1643s IC no 102 pecah. no seri IC nya berapa ya belinnya dimana

Inelectronicblokspot.com said...

Bos mau tanya nih lcd monitor samsung nyala tapi gak mau tampil menu alias polos saja xtrime.

Unknown said...

Bos..kalau mengatasi LED LG Flatron E1942CA berkedip-kedip logo LG apanya yang harus di ganti dan kalau bisa kasih gambar FCB nya maklum lagi belajar..

Unknown said...

Gan mau nanya monitor LG flatron E 1600 mati total akibat di dalam nya ada cicak. Ini transistor nya pecah dan ada diode kecil k bakar untuk ukuran gkj tau mohon jawn untuk ukuran diode nya?

Unknown said...

Lcd LG FALTRON L177WSB layarnya ngeblur (burem) cara mengatasinya gimana???