Pencarian

15 February 2009

MONITOR LCD BENQ FP731 POWER PROBLEM




Pada kasus monitor merek BENQ ini, saya mengambil contoh dari type : LCD BENQ FP731.Seperti kebanyakan kerusakan yg terjadi pada monitor jenis LCD adalah kasus gagalnya sistem power supply.Apalagi pada model ini,blok regulator sangat rapih dan kompak terpadu dalam sebuah bungkus/casing alumunium yg rapat,sehingga pertukaran udara bebasnya menjadi sulit.
Langsung saja pada intinya.Jika anda mendapatkan monitor lcd type ini yg mempunyai masalah tidak dapat di hidupkan,segera saja anda bongkar semua casing mulai dari tutp belakang,dan angkat semua penutup alumunium untuk blok power supply.Maka akan terlihat seperti di bawah ini.

Tampak bagian blok regulatornya,maka anda dapat secara langsung menebak komponen apa saja yang terlihat rusak,tapi tunggu dulu, biasakan untuk memeriksa beberapa komponen utama / penting pada blok regulator ini ,terutama pertama kali anda cek sekring/fusenya,jika putus segera cek transtor utama.Dalam kasus kali ini fuse dan IC inti nya terukur bagus,maka pelacakan beralih pada bagian sekunder regulator,periksa mulai dari dioda sekundernya dahulu,setelahnya anda dapat langsung mengganti beberapa elco yang terlihat bocor dan menggembung.Meskipun anda cukup mengganti beberapa elco yang terlihat secara fisik telah bocor,tapi ada baiknya juga mengganti sekaligus beberapa elco pendukung lainnya,dengan alasan agar kerja regulator ini dapat bekerja normal kembali tanpa resiko kembali ke pangkuan anda.

Dalam gambar di bawah ini ,kebanyakan elco yang rusak bernilai 470/16/25 dan 1000/16-25V.Persis dengan kerusakan yang terjadi pada beberapa merek monitor LCD lainnya.
Perbaikan monitor LCD BENQ ini rupanya tidak sesulit apa yang saya duga sebelumnya.Pengalaman ini mungkin berguna bagi anda, dan paling tidak sedikit memberi dukungan mental bagi para hobiist electronic lainnya.
Saya ucapkan banyak terima kasih kepada mr.Jestine Yong ( malaysia ) yang secara sukarela membantu saya dalam mendalami teknik dan trik dalam troubleshooting LCD.

regards,
zic

13 comments:

Aisy said...

Ulasan yang bagus bpk.zic! bisa nggak lain waktu membahas tentang playstation,baik itu PS1,PS2,dan PS3,terima kasih dan sukses selalu

otocar said...

bagus mas zic...bisa buat share

Anonymous said...

Artikel lainnya hanya menunggu waktu saja.perlu waktu dan biaya untuk riset dan Up-date.
Zicelectronic mengharap partisipasi dari anda semua untuk dapat langgeng dan terus up to date.
Terima kasih

pay said...

PAK ZIC YTH!
saya udah buat kit en 25f80 utk dvd,tapi saya tdk tau serialportnya dihubungkan kemana,saya mohon bantuanya.

ZIC said...

Saudara PAY..sebenarnya rangkaian tersebut sangat sederhana dan mudah di buat,yang pasti harus dibuat serapih mungkin dan hindari penggunaan jalur atau kabel yg panjang..soket serial ( DB-9 ) dapat anda beli ditoko komputer,dan nantinya akan anda masukan ke port serial ( COM1 atau COM2) pada cpu komputer anda setelah anda menginstal software ponyprog tersebut,masuk setting ,pilih com port yg ingin anda gunakan ( com1 atau com2 )dan pilih DEVICE ( jenis/type EEPROM yg akan anda proses ).Penggunaan ponyprog tersebut sangatlah mudah,anda hanya cukup membaca ( READ ) dan menulis ulang ( WRITE ) beberapa eeprom yg ingin anda pilih,saya yakin jika anda mencobanya pasti sangat mudah menggunakannya.

Junaedi said...

Mangtab...

Tolong dibantu pak... saya punya LCD ACER FP555 cari schema gak dapet-2.. problem ada pada power suplly yaitu IC PQ1CF1 pecah 3 capasitor rusak. sudah nyari ICnya di toko elektronik gak ada. Barangkali bapak punya atau tau IC persamaanya.

Mohon Bantuan
Terima Kasih

JOSE said...

Frend aku ada kerja LCD Ben Q5t4, kerusakan protek ? Elco udh saya ganti tapi tetap start sebentar lalu mati lagi, please helpme apanya yang rusak?

globalnet said...

mas bisa bantu ngak kira 2 lcd leptop bisa di jadikan monitor lcd pc ngak yah help ini email saya mungkin bisa di kirim langsung ke sini terima kasih Globalnet86@gmail.com soalnya saya punya 3 lcd leptop yg mana body leptopnya sudah rusak ...

Anonymous said...

Kutip artikel "Dalam kasus kali ini fuse dan IC inti nya terukur bagus,maka pelacakan beralih pada bagian sekunder regulator..."

Mas minta pencerahan,kalo mengukur IC pakai alat apa ya..?terima kasih.

ARIEF said...

pak zic mau tanya ni...saya ada problem dgn LCD Compaq FP7317 power supply terbakar. Saya mau tanya nilai komponen dibagian PSUnya,berikut kodeny: IC901,R906,R907,R915,R916,R932. Trm kasih

Unknown said...

Kepada Pak ZIC YTH

Langsung saja lcd BENQ G610HDAL mengalami kerusakan di layar
awal- awal kerusakan'nya bergaris putih memanjang hanya satu garis eh... lama-lama bertambah banyak
yang mau saya tanyakan component apa yang harus saya ganti dan mulai dr mana pak,
sbb saya ada hoby bongkar2 dikit

trima kasih.

Abdul Rahman Nawawi said...

power tidak dapat dihidupkan dan hanya sebentar kemudian mati lagi,kenapa ya?

LOVELYZ TRILOGY said...

ini sangat membantu, makasih banyak
power supply hp