Pencarian

26 February 2009

DARK SCREEN / GELAP PADA TV CRYSTAL AMAZON



TV CRYSTAL AMAZON FLAT


Suatu hari kami mendapatkan mandapatkan 4 buah TV merk crystal dari sebuah kantor di jakarta timur,tiga diantaranya berukuran 29 " dengan type:CRYSTAL AMAZON ctv 2915 Dengan kondisi kerusakan yg sama,yaitu : tampilan gambar sangat gelap sekali dengan kondisi suara normal.
Seperti biasa, pemeriksaan langsung menuju pada blok RGB.Saya temukan disitu ada dua resistor yg terbakar,nilainya pun sudah tidak dapat dilihat kembali.
Bagi yg sudah berpengalaman,tentunya hal ini tidak menjadi masalah,karena ini adalah resistor pembatas untuk teg output video ( 180V). Segera saya mengganti 2 buah resistor tersebut dengan nilai 1 ohm/1watt,tidak lupa saya mengganti elco 22/250V yg saya duga adalah sumber dari terbakarnya resistor pembatas tersebut .
Bila anda mendapatkan TV crystal 29" amazon dengan kerusakan seperti ini,anda cukup mengganti R2046 dan R2047 ( 1ohm/1W ) dan C2012 ( 22/250V ) serta C2018 ( 47/16V)...selesai.
Pada kasus tv crystal yg satu lagi adalah menyempitnya /mengecilnya lebar horisontal di kiri dan kanan dgn kondisi gambar/ raster yg agak melengkung.
Kerusakan tersebut jelas akibat tegangan output HOR yang tidak stabil.ini disebabkan oleh komponen elco C441 ( 100/160V ) yang telah bocor dan menggembung.
Mudah dan sederhana,semoga bermanfaat ......

regards,
zic

20 comments:

Aisy said...

Oke Pak Zic!,ulasan yang simple and clear,dan tentunya sangat membantu sekali,terima kasih sukses buat keluarga anda.

sidoel said...

Bang Zic & friends ada yang tau cara ngetes plyback tv yang telah dilepas dari rangkaian nggak? kl ada kasih tau saya dong gimana caranya + rangkaiannya? Thanks atas ilmunya...

Unknown said...

pak zic ! bisa minta tolong dong, bagi in kita2 tukang servis tv di malang,skema tv polytron yang 30 inch,type mx 308 cr dong. sebelumnya makacih ya?

PRADANA SERVIS PROLINK said...

mas zic aku punya kerjaan ,lg flatron,kerusakan nya gambar klu di ubah gelombang mengecil kyk regulator tdk normal ,trus aku buka factory udah gak ada reaksinya ,mohon guru zic gmna cara mengatasi nya.........link aku ya bos maklum masih belajar dan klu salah aku taruk artikel mas zic beribu maaf soale aku sek gak ngerti,karna aku pikir2 lebih aman dat2 itu aku tarus di blog ,sekian buat mas zic yg aku kagumi.........

agmkomp said...

bang zic yg oke. ak tkng service ecek2.punya tv crystal imagine 21 disearching lewat terus. pas ada tampilan gambar hitam putih dan miring2 terus lewat klo udah ada tampilan no antenna. cek teg aft ada 12 volt mohon pencerahannya terima kasih

ZIC said...

Anda cukup mengganti componen IF nya saja..
jangan lupa untuk mengecek : zener 33V nya.

lewi.yhm said...

yhm.lewi pak Zic mau nanya tegangan ABL normalnya berapa ya, apakah tegangan ABL identik dg G2. thank's

Unknown said...

haloo om zic,maaf ni melenceng dari merk,aku lagi ngerjain tv samsung seri CS-21Z40ML,kerusakan dark screen tapi menu pada layar keluar semua dan suara pun normal,tu apanya yang bermasalah om?mohon petunjuk

sawali said...

met kenal bang zic dari sawali batang jawa tengah

IthiunQ said...

Met kenal Om'Zinc ?!
Sebelumya terimakasih dah nyempetin membaca posting ku...
Mungkin agak melenceng dari merk tv,tapi mudah2 tetap di bantu...he..he..
Aku ada maslah ama tvku ( coba2 service sendiri) yaitu TOSHIBA 2540XH/DramaticV-21.Awalnya tvku gambarnya hanya di tengah2 sekitar 5 s/d 10 cm,trus ada garis putih terang juga di tengah2 layar.tanya sana-sinie katanya ada kerussakan disekitar vertikal,dah ganti ic vertikal IC301 LA7837 berikut elco di sekitarnya,terus solder ulang kaki2 flayback dan trafo2 lainnya.ehh...malah gak ada gambar sama sekali hanya led merah saja yang hidup......
Maap yaa panjang...mohon bantuannya sangat...
T E R I M A K A S I H.

Salam hangat,

Vrya
ithiunq@yahoo.co.id
h3liax@gmail.com

sawali said...

mas yanto kasih No. hpnya dong biar tambah dekat dengan saya. trim ya sebelumnya.

service_elektronik said...

bang zic aku coba geser parameter polyvision 29 model 8th.sudah tak buka serv.data tapi mau simpan kok tidak mau.setelah mati total kembali semula.cara ngelock bagaimana.sebagai info cara buka data serv...posisi stby tak tekan vol+ & vol-.trims aku totok semarang

ZIC said...

Buat IthiunQ :
Sudah terlanjur keposisi demikian:
1.ganti IC LA 7837
2.ganti elco 100/35V ( penyebab garis2 putih)
3.ganti elco 1/50V ( penyebab gambar kecil )
3.ganti elco output 2200 atau 3300/25v ( penyebab gambar atas berkurang),
khusus untuk elco terakhir,pada beberapa seri Dramatic terjadi salah cetak polarisasi pada PCB ( anda harus memasang elco output vert.tesebut dgn posisi dibalik/puter,pastikan bahwa kutub negatif elco menuju jalur ground pada PCB.
Dulu sy pernah mengalami hal seperti ini.

ISAPUTRO : di coba dahulu ganti memorinya,jika keluar raster ,setel kembali parameter sesuai dgn memori asli ( V-size ,H-pos dll).Kalau tidak,cek tegangan 8/9V pada blok RGB,harus ada.

SERVICE -ELECTRONIK: kebetulan sy juga mempunyai POLYVISION 29" blackbox.Pada posisi TV standby ,cukup tekan dan tahan tombol menu pada remote control,tunggu hingga TV menyala otomatis.

LEWI : teg ABL antara 12-25V..Automatic brightness limiter berbeda dengan G2.tapi kondisi tegangan di titik ABL,mempengaruhi terang-gelapnya gambar.

All Elex-Trix engine said...

Bang zic,sy punya tv toshiba 14 pake ic tmpa8801xxx,gambar gelap suara normal,tdk ada raster osd jg tdk terlihat.pd saat di sentuh kaki 12-fbp in atw scp out,baru ada gambar sy gnti icx ttp g kena..gmn y bang solusinya?mohon bantuan..trims

Didytech said...

Bang zic,lam kenal aku pndtg br.. Mau nanya tv intel gambarnya hitam suara&osd normal.. Info ic osc ta8690. Udah ganti fbt msh ttp ga ada perubahan.. Plis help me!

Rudi Halim said...

Ilmu yg kita dapat kan dari Allah dan di amalkan di jalan Allah insya Allah menjadi berkah yg nyata, ga pernah rasanya mengunjungi Blog milik kang Zikrillah ini tanpa manfaat, terima kasih n sehat selalu.

eko electrical said...

bang sya pnya akari,sinyal gk mau nyimpen,di tuning manual juga bablas aja kira2 apnya ea///?

eko electrical said...

bang sya pnya akari,sinyal gk mau nyimpen,di tuning manual juga bablas aja kira2 apnya ea///?

Unknown said...

bang saya punya tv nerc cina yg kerusakan nya gambar gelap dan suara tedengar mendesis,dan saya dah ukur arus rgb nya normal..gimana solusinya bang? tks

خدمات منزلية said...

كشف تسربات المياه
مكافحة حشرات
تسليك مجاري
عزل اسطح
شركة لمسات الابداع