Pencarian
Servis tv sharp tv LG tv Toshiba tv Samsung tv Panasonic tv Akira TCL tv Sanyo Sony protek

15 January 2009

TIP'S MENGGUNAKAN CRT MONITOR UNTUK TV

Tip's tentang Cara merubah konfigurasi dari CRT yoke monitor agar dapat di gunakan bersama dengan mesin pesawat TV.Mengapa harus di rubah dahulu? karena nilai resistansi yoke horisontal monitor adalah sangat rendah( mulai 0,2 ohm - 0,6 ohm ) terhadap nilai yang boleh di bebankan kepada sebuah rangkaian defleksi horisontal sebuah pesawat TV ( 0,6 ohm - 1,8 ohm ).Akibatnya beban Transistor Horisontal adalah menjadi amat berat hingga dapat menyebabkan kerusakan secara langsung.
Kali ini saya mencoba memberikan sedikit informasi tentang bagaimana cara merubahnya.
Yang perlu anda persiapkan adalah :
1. CRT monitor lengkap dengan yoke
2. Modul mesin pesawat TV yg mempunyai fasilitas pinchussion atau untuk model 21" lebih.
3. Trafo yoke "wansonic" ( untuk yoke monitor SVGA atau monitor Flat )
4. Electronic tool ( solder,timah dll).

Pertama yang perlu anda kerjakan adalah,memperhatikan susunan perkabelan dari bagian horisontal yoke,biasanya ada rangkaian tambahan di bagian yoke monitor ( rangkaian konvergensi dynamic dan rangkaian pincushion )
.Rubah susunan bagian horisontal ini yang awalnya di susun secara pararel menjadi susunan seri.Dengan cara lepaskan semua titik sambung pada masing-masing terminal horisontal yoke ( bagian vertikal tak perlu di rubah ).Buang / putuskan semua perkabelan dari rangkaian tambahan (pincushion) tersebut,ambil ujung-ujung kabel spool inti dari gulungan horisontalDan anda akan mendapatkan empat buah ujung line/kabel dari bagian horisontal ini,dua dikiri dan dua dikanan.Ukur dengan avo meter untuk menandakan masing masing gulungan (gulungan A dan gulungan B ).Sambungkan salah satu ujung dari gulungan A sebelah kiri ke ujung dari gulungan B sebelah kanan.Dan sisa dari dua ujung yang tidak disambung adalah titik untuk terminal yang akan kita gunakan selanjutnya.Proses pertama selesai,berikutnya segera anda ukur nilai resistansi dari horisontal yoke yg telah kita rubah ini,apakah sudah cukup sampai kisaran antara 0,6 - 1,8 ohm dengan avo meter presisi ( akurat;disarankan dengan AVO meter digital ) .jika sudah cukup ,perangakat CRT siap di gunakan.
Beberapa syarat yg perlu anda perhatikan adalah : Jangan sekali-kali merubah apalagi mencabut komponen gelang static konvergensi di leher CRT,karena jika telah berubah anda mungkin perlu seharian bahkan lebih untuk menyetel ulang posisi yang telah diset di pabrik ini.setelan ini amat kritis untuk crt monitor dikarenakan jumlah pixelnya yang lebih banyak dari crt TV,dan karena alasan itulah saya menganjurkan untuk menggunakan mesin TV yang mempunyai fasilitas pengaturan pinchussion/ taraf kelengkungan sisi gambar. (cirinya :terdapat dua buah trimpot manual di dekat IC vertikal mesin TV ).
Apabila ukuran resistansi dari horisontal yoke ini masih terlalu rendah ( pada yoke monitor SVGA atau yoke monitor 17" keatas atau juga yoke monitor Flat).Kita perlu menggunakan komponen tambahan ,yaitu trafo yoke Wansonic (khusus di buat oleh pabrikan wansonic untuk di gunakan oleh para pembuat pesawat TV rakitan ).trafo ini banyak di jumpai dipasaran bersama dengan mesin tv keluaran wansonic.
Cara menggunakan trafo wansonic adalah sebagai berikut :
1.Hubungkan kabel biru dari mesin TV ke kaki nomor1 trafo juga langsung menuju ke salah satu terminal horisontal yoke.
2. Hubungkan kabel merah dari mesin TV menuju titik terakhir (pin6 atau7) dari kaki trafo.
3.Hubungkan kabel merah dari yoke ke salah satu pin di trafo wansonic ( pin4,5,6,7 ) untuk menyesuaikan lebar gambar.

Informasi tambahan; Disarankan untuk menggunakan mesin TV yang mempunyai Fasilitas pengatur pincushion agar linearitas di kiri-kanan dan atas bawah bisa diatur sebaik mungkin.

Selamat mencoba dan semoga berhasil.


TIPS FOR USING THE MONITOR CRT TV
Tip's way of changing the configuration of the yoke CRT monitor that can be used in conjunction with the engine on the plane TV.Why must change first? because the value resistansi yoke horizontal monitor is very low (from 0.2 ohm - 0.6 ohm) to the value that could loaded to a series of horizontal deflection , a TV (0.6 ohm - 1.8 ohm). As a result, the burden of transistors Horizontal is a very heavy damage to be caused directly.
This time I try to give a little information about how to change.
You need to provide are:
1. CRT monitor with a yoke
2. TV module engine aircraft have facilities for model pinchussion or 21 "more.
3. Transformer yoke "wansonic" (to yoke or SVGA monitor monitor Flat)
4. Electronic tools (solder, tin, etc.).

First you need to do is, wiring attention to the order of the horizontal yoke, there is usually a series of additional monitors at the yoke (a series of dynamic convergence and pincushion series)
. Change the order of the first horizontal row in order to become a parallel way seri.withrelease all the dots connect in each of the horizontal yoke (the vertical is not necessary in the fox). Remove / disconnect all wiring of a series of additional (pincushion) is , take the tip of the end of the cable-spool reels from the core horisontal and you will get four end of the line / cable from the horizontal, the two left and right. with avo meter marks for each coil (coil A and coil B). Connect a one edge of a roller to the left edge of the coil B right.Dan the rest of the end of the two does not go through to the terminal point is that we will use the first .Proses completed, the next immediate resistansi you measure the value of the horizontal yoke do we change This is enough to range between 0.6 - 1.8 ohm meter precision with avo (accurate; recommended AVO meters with digital). if it is enough, CRT ready to use.
Some requirements do you need to note is: Never pull out the components especially the bracelet static CRT convergence in the neck, because if you have changed the day you may need even more to set back a position that has been set at the factory. this very critical for CRT monitor due to a number of pixel more than CRT TV, and for the reasons that I recommend to use the machine TV settings that have facilities pinchussion the stage images. (characteristics: there are two manual trimpot near vertical IC engine TV).
When the size of resistansi horizontal yoke is still too low (on the yoke or yoke monitor SVGA monitor 17 "or over the yoke also monitor Flat). We need to use additional components, the transformer yoke Wansonic (in particular by a manufacturer in wansonic to use by the TV assembly of the plane). transformer is encountered in manyin market with the engine output wansonic tv.
Using a transformer wansonic is as follows:
1.connect blue cable TV to the machine's foot nomor1 transformer also go directly to one of the horizontal yoke.
2. Connect the cable from the red machine to the TV last point (pin6 atau7) from the foot transformer.
3.connect red cable from the yoke to a pin in the transformer wansonic (pin4, 5,6,7) to adjust the width of the image.

Additional information; is recommended to use the machines that have a TV Facilities linearity that the pincushion on the left and right top-down can be arranged as soon as possible.

Congratulations to try and hopefully succeed.

regards,
SolderKnight

19 comments:

tarmizi said...

Akhirnya datang juga artikel CRT monitor to TV nya, tapi kalo yg 4 gulungan ( 4 titik kiri 4 titik kanan ) gimana bang ZIC ? solderknight Blog khusus Monitor dan bahasa inggris ..?,

tarmizi said...

Bang zic mohon penjelesannya mengenai artikel dari solderknight berikut:

If the CRT is shorted HV to Focus, we remove the CRT PCB, and hold a grounded screwdriver about 1/2" away from the focus pin. Again, after power up, the resulting arc usually clears the short.

Kalau CRT Shorted HV ke Fokus, kita lepaskan PCB CRT, dan tahan obeng grounded sekitar 1/2" jaraknya dari pin fokus. setelah power up, bunga api yg dihasilkan biasanya membersihkan short.

ini maksudnya untuk CRT yng keluar bunga api ketika dinyalakan (tanpa socket crt dipasang ) yg pernah saya tanyakan

terimakasih bang zic

ZIC said...

Untuk yoke 4 gulungan ( 2 gulungan A dan 2 gulungan B ) adalah sama saja,yg penting anda harus bedakan mana gulungan A dan B.masing masing gulungan tidak perlu dipisah,yoke ini wajib memakai trafo yoke Wansonic.
SolderKnight khusus mengumpulkan tip's dari beberapa sumber lain yang relevan untuk sekedar menambah pengetahuan saja.
Tip's tersebut adalah benar untuk menghilangkan short pada Anoda terhadap Focus ( terlihat lompatan bunga api biru didalam leher CRT ).
Tip's ini sengaja tidak kami angkat di zicelectronic,dikarenakan faktor keamanan,karena bagi yang masih " pemula " cara ini sangat beresiko tinggi terhadap resiko terkena tegangan tinggi Anoda.Anda dapat mencobanya dengan sangat hati-hati.
Gunakan obeng kecil ,hubungkan dengan kabel ke bagian ground/badan CRT dan ujung obeng beri jarak sekitar 1cm.Nyalakan pesawat TV,ketika on lompatan api menuju ke focus dan karena kaki focus dihubungkan terhadap groun,biasanya lompatan tersebut menghilangkan resistansi/short internal antara anoda dengan silinder focus.
Terimakasih atas kunjungannya

baburinix! said...

bang! gue nemuin monitor samsung magic monitor.
ketika dihidupkan layarnya kelap kelip garis vertikal.
gambar muncul tp pecah pecah.(cpu normal saat di test di montor lain dan ga masalah)

kadang monitor normal sebentar kemudian seperti itu lagi..
kira2 d bagian apa ya mas?

samsulelec said...

mas zic q mau tanya ya dikit aja ,setiap pasang crt monitor dan pakai mesin china tu biasanya gambar selalu bengkok pinggir ,bgimna cara nya mengatasi ,apakah bisa dengan merubah kapasitor....???dan berapa ukurannya .. sekian buat om zic. trim ya...

samsulelec said...

mas zic q mau nanya ya ,setiap pasang
crt pakai mesin china gambar selalu bengkok pinggir ,trus kata temen cukup kapasitor nya di rubah tapi sayang ukurannya gak di kasik tau ,kira2 bang zic tau berapa ukurannya...kapasitor nya biar gak bengkok pinggir ,trim ...

samsulelec said...

mas zic q mau nanya ya ,setiap pasang
crt pakai mesin china gambar selalu bengkok pinggir ,trus kata temen cukup kapasitor nya di rubah tapi sayang ukurannya gak di kasik tau ,kira2 bang zic tau berapa ukurannya...kapasitor nya biar gak bengkok pinggir ,trim ...

pradana electronic servis said...

mas zic q mau nanya ya ,setiap pasang
crt pakai mesin china gambar selalu bengkok pinggir ,trus kata temen cukup kapasitor nya di rubah tapi sayang ukurannya gak di kasik tau ,kira2 bang zic tau berapa ukurannya...kapasitor nya biar gak bengkok pinggir ,trim ...

solderknight said...

baburinixt: solder ulang di kaki IC vertikal periksa atau ganti elco regulator yg terlihat kembung..Gambar pecah,ganti elco 100/160V dan 47/250V.

Samsul : kelengkungan di sisi gambar adalah cacat pinchusion,dapat di atasi dengan menyetel trimpot setingan horisontal linearity ( OW ).atau dapat di minimalisir dengan mengurangi capasitor collector horisontal secara bertahap tiap 1nF.agar raster tampak melebar.
Baca sekali lagi dengan teliti artikel di atas,karena gunanya mesin yg mempunyai Fasilitas Pincushion adalah untuk mengatasi kasus ini.

Tobing79 said...

bang zic mau nanya neh pake kawat apa.untuk lilitan heater trik tersebut bisa kah kawat email bebas.soalnya saya mau coba trik itu masalahnya tv toshiba dominan warna merah .soket.tr rgb.elco semua sudah saya ganti dgn baru eh malah teteap warna tv merah.dan toshiba 1 lagi layar agak redup/gelap/dan kekuningan.padahal soket.tr rgb.elco juga telah saya ganti tapi layar tetap aja gelap,atau saya mhn solusinya bang zic.

Tobing79 said...

bang zic pada rangkaian screen alternatif tersebut H.YOKE/FBT bagian mana ya?apakah kabel warna merah pada fbt itu?

sastro230 said...

Bang zic mohon penjelesannya,soalnyatrafo wansonic untuk memodifikasi yoke monitor susah didapat apa ada alternatif lainnya gitu pak,ganti....?

noeroel said...

Bang Zic, Saya coba pasang mainboard tv china(hui jia) untuk 25-29' ke tabung bekas grundig. Sebelum saya kasih trafo yoke muncul gambar tapi horizontalnya nggak mau penuh dan tak lama kemudian transistor horizontalnya short. Kemudian saya coba pakai trafo yoke, jika kabel merah saya hubungkan dg pin trafo no.3 hal yang sama masih terjadi, namun jika saya hubungkan dg pin no.4 filamen CRT nggak mau nyala. Apa donk solusinya? Misal nggak ada solusinya, bisa nggak mainboard tv 25-29' itu saya pasang buat CRT monitor 15', khan sayank kalo nggak dipake. Thanx, kutunggu jawabannya.

noeroel said...

Bang Zic, Saya coba pasang mainboard tv china(hui jia) untuk 25-29' ke tabung bekas grundig. Sebelum saya kasih trafo yoke muncul gambar tapi horizontalnya nggak mau penuh dan tak lama kemudian transistor horizontalnya short. Kemudian saya coba pakai trafo yoke, jika kabel merah saya hubungkan dg pin trafo no.3 hal yang sama masih terjadi, namun jika saya hubungkan dg pin no.4 filamen CRT nggak mau nyala. Apa donk solusinya? Misal nggak ada solusinya, bisa nggak mainboard tv 25-29' itu saya pasang buat CRT monitor 15', khan sayank kalo nggak dipake. Thanx, kutunggu jawabannya.

LA said...

Mr Zip, bagaimana cara memodifikasi mesin TV menjadì mesin monitor?

Andi Fachuru Razi. said...

Saya Fahru
Yang dijelaskan cuma yokenya. Bagaimana dengan pemasangan pinnya (kaki CRT)? Dan bagaimana pula jika pin CRT monitor dengan pin CRT TV berbeda dalam hal jumlah pinnya?
Makasih banyak ya.

ageng said...

bang , saya coba ganti mesin tv polytron 21" dgn mesin tv wansonic tp gambar yang tampil kecil dan gambar yang bawah cekung,. kr2 knp y?

budi_electric said...

bang zic tanya nih, kalo tabung monitor gambarnya kurang fokus knapa ya?

blogku said...

bang zic
saya udah praktek... tapi kok gak keluar gambarnya???

malah dari flyback keluar suara cerrrrrtttrtrcrrrt setelah babarapa saat....

mohon pencerahan