Pencarian

22 January 2009

SHARP NEW GAMMA FLAT PROBLEM

Pada seri NEW GAMMA ini sharp berlayar FLAT ,mempunyai regulator dengan komponen utama STRW 6754.Menggunakan FBT dengan type : BSC25-0232A.Disini saya mengambil contoh pada type SHARP 51AF200MS.
Yang mempunyai keluhan yg menurut saya sangat menjengkelkan ,yaitu pesawat TV tidak pernah bertahan lama,jika sudah panas ,pesawat TV ini akan mati (standby ) dengan sendirinya setelah beberapa puluh menit lamanya.Terkecuali apabila casing belum terpasang /di tutup,tv dapat bertahan hidup terus dalam waktu lama.
Kesimpulan nya,jelas ada komponen yg sudah lemah.berdasar hasil try and error saya akhirnya mendapatkan jawaban untuk menyelesaikan kasus ini.
Solusinya adalah :ganti STR 6754 dan TR HOR.OUT ( TT2140) .kedua komponen ini suhunya sangat panas sekali terutama TR hor out nya.
Untuk menghindari keluhan terulang kembali ,sy mengganti tr :TT2140 ini dengan BU2508F berikut dengan memberinya heatsink yg lebih besar,dengan maksud pembuangan panas pada komponen ini dapat terjamin.
Mudah-mudahan berguna bagi anda.

Terima kasih,
SolderKnight

22 comments:

Agus said...

Bang zic, Saya Lagi tangani tv sanyo 14 inch. Regulator pakai Mosfet b9nk70z. Sudah Saya ganti dan meletus Lagi. Ada 2 Zener yang Saya ndak tahu nilainya. Mohon bantuan. Driver TR pakai a1015, c1815 dan c2274. Trims.

baburinix! said...

mas zic yg baik.
tv sharp alexander ttngga saya indikatornya nyala merah terus layarnya gelap, gimana dong mengatasinya...
mohon bantuannya ya.

ZIC said...

Jika led berwarna hijau ketika tombol prog ditekan,selama 3-5 detik.priksa R pembatas teg 180V (1 ohm ) di blok RGB.
Jika FBT tidak sama sekali bereaksi(tidak terasa adanya induksi FBT),periksa/ganti IC vertikal atau FBT.

masPenyo said...

Bang Zic saya punya masalah tv Sharp 29"(29ZF508B)led merah terus ndak mau on lokalkey tidak fungsi, kadang hidup sendiri tapi pas hidup tombol ndak fungsi.

ZIC said...

Kerusakan intermitten..coba amati dengan teliti semua titik solder di output regulator ( solder ulang ).kegagalan pada tombol panel: periksa catu 9 ke 5 voltnya bagus ganti elco bagian ini ( 1000- 2200/35V )jika remote kadang ikut tidak berfungsi coba ganti crystal 4.00 atau 8.00.
periksa atau ganti TR driver horisontal berikut resistornya.pada type ini transistor proteksi terdapat pada jalur basis tr driver horisontal..dapat anda lepas dulu untuk melihat respon nya..

D3Plus said...

Bang Zic yth,sy mnt tolong tv sharp sy klu dinyalakan bunyi ngejuit tanpilan dan suaranya gak ada mohon bantuannya kira2 apanya tuh,thk

ZIC said...

Suara tersebut terjadi akibat beban pada regulator yg tidak normal,yang diakibatkan oleh blok horisontal.Komponen yang paling sering rusak pada kasus ini adalah TR horisontal atau flyback,cabut dahulu TR hor -nya dan nyalakan kembali.bila suara hilang berarti TR tersebut telah rusak ,dan bila masih berbunyi ;periksa FBT dan dioda regulator..

Benjamin said...

Bang Zic,saya sedang tangani TV SHARP 51WF200MS 21 ich,led merah,tekan tombol prog Led hijau 3-5 sec kemudian Led merah lagi,saya sudah periksa semua tegangan di bagian regulator,HOR,mohon petunjuknya Bang Zic...kira2 langkah apa lagi yg harus di ambil....

trims bgt
Benny CIRACAS

ardta said...

bang sic, saya punya probelm sama pada tv sharp dengan seri yang sama seperti yang anda sebutkan diatas, permaslahan saya, untuk meredam panas saya membuka cassing tv, tv pun berjalan agak lama tp setelah pemaikaian 1 minggu tv mati total,bagaimana mengatasi problem ini, TRIMS..

Nugroho said...

trims kang infonya, semoga tambah lancar rejekinya

Tarno Dirodjo said...

Tv mesin cina gak bisa menangkap siaran itu solusinya gimana Mas?Ic 7810 nya udah diganti,tapi masih belum bisa.tolong balas ke e-mailku ya Mas.Terima kasih.Tarno Dirojo;Sragen

iwan said...

bang zic saya ada servisan tv sharp i4 inchi dengan nomer chasis 14S20D2,
dengan kerusakan kadang tombol chanel dan volume bisa berubah dan jalan sendiri,yang sudah saya lakukan mengganti tombol,resistor yang berhubungan dengan tombol.masuk kemenu vactory(ini dilakukan tidak bisa,sudah saya short pin vactorynya kita lepas kembali vactory ikut hilang)ganti ic1XC245WJN5Q dan IC MEMORY 24C8 tapi belum ada hasil,mohon petunjuk

Alex said...

Bang zic mau numpang nanya ni...

TV LG 21 inch layar datar.IC program dan IC gambar terpisah.Masalahnya pertama kapsitor 18 Nano 1600 volt dan transistor horizontal rusak.
setelah saya ganti tv nyala normal.
tapi setelah 1-2 mnit tv stand by sendiri.Di on kan lg tv nyala lg bgtu terus berulang-ulang.
tegangannya normal semua.
kira-kira apanya yah???
terima kasih sebelumnya

Alex said...

Bang zic mau numpang nanya lagi ni...

saya benerin TV sony 29 inch ganti flyback tipe 439-429 yang pasaran tp cuma bertahan 1 minggu.cari yang original tp tidak keluar lagi.
gmna yah solusinya??


Terima kasih

kelana said...

bang zic tolongin dong tv sharp alexsander saya suaranya hilang,gambarnya normal saya cek ic power amp nya bagus apanya ya tolong bang

teknik melodi said...

bang zic yang cerdik..
saya lagi ada complain tv sharp 14"
saya cek regulator bagus,playback belum short,horizontal normal,teg tinggi ke rgb jga masuk tapi layar tidak bergejala sama sekali..ketika dimatikan speaker bunyi deb 1x.
mohon bantuannya. thks kathah..
oggy,purwokerto

teknik melodi said...
This comment has been removed by the author.
teknik melodi said...

lagi ni bang zic,,
cara cek tabung itu bagaimana,terus
misal saya mau coba mesin tivi ke tube lain,nah kadang kan blok rgbnya lain,tolong kasih tau cara menyamakan blok rgb dengan tabung.
saya liat titik H rgb ada 2 jika terbalik akibatnya?
tanks kathah.
oggy, purwokerto

ulonogososro said...

Bang zic, sy ada TV Changhong 29, type n chassis lupa, kerusakan TR Hor mati trus, cuma bertahan 5 jam.. Kapasitor di Colector sy check emg molor tp g bnyk, dr 15 n jd 13 n.. Komponen Hor yg laen sy chek jg normal.. Gmn solusinya ya bang? ada kwn ngasih solusi ktanya TR Hor diparalel, belum sy coba.. Abang da solusi laen g? Terima kasih n semoga sukses

ulonogososro said...

Bang zic, sy ada TV Changhong 29, type n chassis lupa, kerusakan TR Hor mati trus, cuma bertahan 5 jam.. Kapasitor di Colector sy check emg molor tp g bnyk, dr 15 n jd 13 n.. Komponen Hor yg laen sy chek jg normal.. Gmn solusinya ya bang? ada kwn ngasih solusi ktanya TR Hor diparalel, belum sy coba.. Abang da solusi laen g? Terima kasih n semoga sukses

Unknown said...

Bang ZIC...saya ada keluhan di tv sharp gamma 21" dgn code 51AF20MS ,gambarnya bagus,terang dan normal,tpi suaranya ga muncul...padahal sudah saya setting pakai remot ke posisi B/G tapi tetap saja tidak keluar suaranya!ada yang bilang ICnya sudah kena,tapi saya ga tau IC yang mana mesti di ganti.
mohon pencerahannya apa saja yang mesti di ganti.
atas bantuanya saya ucapkan terima kasih.

Unknown said...

Malam banx zic,mo nanya nich.sharp gamma seri 51AF200MS kerusakan apabila antena tuner dilepas tv nyala raster normal dan terus nyala akan tetapi apabila jack antena dipasang nyala sebentar trus standby.mohon solusinya kerusakan pada bagian apa nich.terima kasih