Pencarian

14 December 2008

vitron dvd loading problem




Di ZIC WORKSHOP Bekasi, kami sering sekali mendapatkan dvd vitron dengan kasus pada loading( pembacaan disc).Terutama yg menggunakan chip buatan sunplus.
Disini saya bahas untuk model : VITRON DVD-680, yang mempunyai beberapa keluhan sebagai berikut:
Loading atau pembacaan disc yang lama dapat terjadi karena:optik memang sudah lemah dan anda dapat memastikannya dengan menggunakan optik yg normal.Dapat juga terjadi karena motor spindle-nya (pemutar disc) sudah lemah dan tidak linear putarannya.Bisa juga terjadi karena regulasi power supply yang tidak bagus;elco 1000/16V untuk jalur 5V nya sudah menggembung.Juga dapat terjadi karena ada masalah pada sistem servo (IC CD5888) dan komponen di sekitarnya.
Untuk kasus pada sistem servo, yang biasa menjadi penyebabnya adalah ; supply tegangan 3.3V untuk chipset tidak bagus atau drop.Contoh dari gejala ini adalah apabila dvd mau berputar dan hanya beberapa menit saja,setelah itu error atau bahkan tombol panel pun tak bekerja (hang/macet).
Kerusakan ini sering terjadi pada komponen : elco 220/10v - dua buah dioda IN4002 (pengubah dari 5v ke 3.3v) atau jika tak memakai dioda,maka IC LD 117-3.3 - dua transistor servo TR: S8550.
Jika anda amati selama proses terdapat dua transistor tersebut panas,maka segera ganti beberapa komponen yang saya sebutkan di atas.

Jika anda amati laser optik tidak menyala,periksa tegangan 3.3 v untuk jalur IC pre-amp OPTIK,biasanya penyebabnya adalah choke SMD ( L) atau smd FUSE atau R smd( biasa tertulis:000) periksa juga dua transisitor SMD untuk driver laser optik.
Pada kasus di IC servo anda periksa juga R smd yang bernilai 330 dan 470,ini sering berubah nilainya karena panas menyebabkan sering error atau macet di tengah jalan.
Yang terakhir dan juga sangat sering terjadi adalah rusaknya memory yang menyebabkan optik tidak dapat menerjemahkan data,kadang hanya mau dvd saja atau vcd saja atau mp3 saja,untuk kasus ini jalan satu-satunya adalah mengganti EEPROM-nya (memory : EN25f80).Sayang nya memory ini sangat sulit didapatkan dan anda harus rajin -rajin meng-copy memory dari dvd yg masih normal untuk cadangan jika anda mendapat kasus pada memory.
Beberapa kasus pada memory yaitu; NO disc, gambar klise , gambar berkotak-kotak,hanya menampilkan gambar merek,cacat suara, fungsi tombol yg error dll.
IC chipset pun ( sunplus) bisa menyebabkan kerusakan no disc,gejalanya adalah jika anda amati dan pegang IC ini dan panasnya tidak normal ( tinggi) dipastikan IC ini rusak.
Semoga pembahasan ini bisa sedikit membantu,terutama untuk saudara Adit yang telah mengirim pertanyaannya,dan unutk semua saya ucapkan banyak terima kasih.


ZIC WORKSHOP in Bekasi, we often get the dvd once vitron with the case on the loading (read disc). Specifically I use the chip made sunplus.
Here, I study for the model: VITRON DVD-680, which has some concerns as follows:
Loading or reading a disc may occur because: optics are weak and you can check by using the optical normal.Dapat I also happen because of its spindle motor (disc player) is weak and not linear .Bisa also occur due to power supply regulation that is not good; elco 1000/16V to 5V line is LEAK.Juga can occur because there is a problem in the system Servo (IC CD5888) and the surrounding components.
For cases in Servo system, which is to be the cause is; 3.3V supply voltage for the chipset is not good or drop.Contoh symptom of this is when the dvd and would like to rotate just a few minutes only, after that error, or even the button panel is not working (hang / misfire).
This damage often occurs on the components: elco 220/10v - two dioda IN4002 (modifier from 5V to 3.3v) or if not wearing dioda, the IC LD 117-3.3 - two transistor TR Servo: S8550.
If you observed during the two transistor is hot, then immediately change the number of components that I mentioned above.

If you observe the optical laser does not work, check the voltage v 3.3 channels for pre-amp IC OPTIK, it is usually choke SMD (L) or smd FUSE or smd R (regular written: 000) also check the two transisitor SMD driver for laser optics.
In the case of the IC also check your Servo R smd valued 330 and 470, this value is changed frequently because of the heat often error or traffic jams in the middle of the road.
The last and also very often happens is that the damage to the optical memory can not translate the data, sometimes only dvd or vcd or mp3 course, for this case the only way is to replace its EEPROM (memory: EN25f80). Unfortunately it This memory is very difficult and you must be diligent diligently to-memory copy of the dvd you are still normal for backup if you get a case in memory.
Some cases in the memory; NO disc, negative image, checker, only displays the image, voice disability, function keys etc. I error.
IC chipset is (sunplus) can cause no damage to disc, if your symptoms are observed and hold the IC and the heat is not normal (high) this IC is damaged.
Hopefully this discussion can be a little help, especially for relatives who have Adit send a question, and all I say many thanks.



regard,
www.zicelectronic.tk

25 comments:

Anonymous said...

makasih banyak buat sarannya ya mas zic...,q mau nanya nih?? kalau dvd vitron ,kalau dapat 2 lagu ,kembali ke asal ,udah saya cek regulator nya normal 2 aja ,mungkin mas zic bisa mem bantu .....sekian buat mas zic,profesor qli

ZIC said...

Saya sudah jelaskan diatas.memang ini sangat sangat sering terjadi :coba anda cek atau ganti 2 buah tr S8550 dan dua dioda IN4002nya ,biasanya panas,dan ganti elco pada jalur yang berhubungan dgn komponen ini ( 220uf/10v,10uf/10v ),,juga resistor di sektar IC servo yang bernilai 220,330 atau 470.Dan dioda 5A pada regulator tak boleh panas,ganti saja.

terima kasih juga buat anda sang professional.mari kita saling membantu membangun generasi muda Indonesia tercinta

Awi said...

Assalamu alaikum bang Zic
makasih dah bagi ilmunya. Maaf bang, aq mau tanya, klo suara dvd kecil, hampir tak terdengar, komponen apa biasanya yg harus diganti? Padahal gambar bagus, dan level volume dvd dah full. Makasih.. Wassalam..

Unknown said...

Ganti IC 4558 mini (SMD)..ada tiga disitu.untuk mencarinya, anda coba-coba saling tukar(untuk buffer surround/center/sub)..yang rusak segera ganti saja.

PRADANA SERVIS PROLINK said...

buat mas zic salam sukses selalu and bahagia ,hidup bang zic ........

roditriantomi said...

kalo saya punya dvd LG, suaranya ok. gambar gak ada,panel depan semua normal, gambar cuma hitam gak ada logo lg pada awal dinyalakan, apanya ya mas tolongin saya?

Total Resep said...

DVD sy Maxtron tdk bisa baca disc jenis dvd, yang lainnya bisa seperti: CD, VCD, MP3. Udah ganti optik tapi masih utuh. Saya kira rusak di MPEG, yang mana ya?

ZIC said...

RUDI : Coba anda reset dulu dgn cara:masukan cd terus di stop,pada posisi ini tekan dan tahan tombol stop pada panel DVD sampai logo LG timbul.( blank sering terjadi ketika pengguna mencoba mengaktifkan Fitur:Progresiv scan).
DVD LG menggunakan kofigrasi video out (sinyal YUV) melalui sebuah elco,yaitu 330/16 atau 470/16V.
periksa komponen tersebut ( pada jalur socket Video out).
ZAKI :kerusakan pada sensor optik,menyebabkan optik hanya dapat membaca salah satu format DISC saja ( VCD ).untuk memastikannya dapat anda coba/test pada player yg lain (normal)
Kerusakan atau terjadi error pada IC eeprom (memory) juga bisa menyebabkan keluhan seperti ini.

zaki said...

maz zic yang baik. mas klo dvd untuk dengar lagu (mp3) bisa di setel tapi setelah dua-tiga lagu dvdnya mati. bagaimana mas ya..

iffat said...

Bang Zic Mohon Bantuanya.saya punya problem dvd vitron setelah ganti regulator tidak ada tampilan di panel depan.semua tegangan sudah masuk. Ground, 3,5v , -21, +5v.DVD loding normal,remot jalan. Ic panel PT6312blq.

Ocist1 said...

Nuhun Mas Zic atas info-ifo segarnya tentang Refair Electronika nya

Site web nya jadi awal insfirasi

amelia said...

assalamulaikum bang
tolong bantu saya bang,saya mau nanya nih?? dvd vitron, ada tulisannya no disk(dvd),tapi kalo vcd/mp3 bisa. yang berati rusak memorynya.bisa gak memorynya diganti. dan apa langsung dibawa pd servis resmi atau servis biasa.dan berapa harganya.tolong minta sarannya.

ari said...

salam kenal.mas,sebelumnya saya minta maaf.nama saya ari.dari ciracas jakarta timur.saya ingin nanya.saya ada pr di benkel.dvd icnya sunplus.dan epromnya eon.tidak bisa baca dvd tetapi vcd dan mp3 bisa.mohon kontribusinya ya mas.terima kasih

ari said...

slalam kenal,mas,nama saya ari.saya mempunyai masalah hampir sama denga zaki.tetapi mpegnya umum icnya sunplus.dan epromnya eon.tidak bisa baca dvd.tetapi vcd dan mp3 bisa.mohon solosinya ya mas,banyak terima kasih

Adheem_Wongbiasa said...

salam,...
aq punya DVD Vitron DVD-911, masalahnya adalah ketika kepingan (disc) di Open, disc tersebut keluar masih dalam kondisi berputar diatar tray-nya (no break) sehngga kepingan banyak tergores.
masalanya dimana ya?? apakah dinamonya, atau dioda (pengatur arus), atau yg lain?? mohon pencerahannya.

Unknown said...

Assalamualaikum bang zic,
saya punya permasalahan dengan dvd vitron (baru 4 bulan) pada loading (no disc). saya coba hubungi service center susah bgt (padhal masih garansi), apakah bang Zic buka praktek sendiri, kalo boleh tau alamat workshop dimana? tks

Zul said...

Salam kenal mas ZIC, Langsung pada permasalahan, sy lg menggarap DVD player merek TONZU yg troblex suara n gambar g keluar dilayar TV,tp klo pakai speker aktif mau.Kabel yg ketv uda sy cek bagus. Trus apa lg mas,mohon bantuanx

Marantz said...

Suara DVD Vitron kasar
Saya sangat kecewa dengan kwalitas dvd vitron serta pelayananya.Saya beli bulan Desember 2009, setelah dua bulan saya merasakan suara yang kasar dari sound system saya, saya coba cek segala koneksi. pertama saya ragu dengan salonnya, ternya saya coba player dari dvd lain suaranya bagus, hasil akhir pengecekan ternyata sumber suara yang merusak pendengaran saya adalah dari vitronnya.saya coba hubungi contak yng ada buku garansi, tidak nyahut alias tidak ada jawaban, Terus terang saja saya konsumen sangat kecewa dengan vitron, di kotaknya ada tertulis kwalitas no 1, saya ketipu iklan vitron, harusnya saya beli brand lain yang sudah terpercaya seperti samsung,LG dan yang lainnya

adhan said...

Mohon penjelasan dr bang ZIC.....?
kemarin aku ganti optic dvd vitron krn yg lama sdh rusak, pertanyaanku kenapa bisa utk dvd tapi utk vcd dan mp3 gak bisa baca...............?
Terima Kasih atas jawabannya..

mega said...

bos mau tanya nih;bagaimana cara mengkopi ICmemory DVD terima kasih...

Unknown said...

Sob ane mau tanya soal DVD Polytron yang layar panelnya tidak tampil sehingga tombol2 panelnya tidak bisa fungsi, DVD polytron type ini pake Regulator yang langsung di hubungkan ke MPEG (jadi tidak ada ON/OFF yg manualnya). oh ya sebagai ref” untuk tegangan dari Reg ke MPEG itu (+5V,G,G,+12V) nah ada satu masalah pada teg +12V hanya terukur +9,5V apa ini penyebabnya?
tapi sudah saya coba pake regulator luar untuk memberikan tegangan yang saya sebutkan di atas untuk mendekati +12V yaitu +11,5V jwb: masih tetap sama juga layar panel dan tombol2nya tidak fungsi.
Mohon Pencerahannya Sobat…

Unknown said...

Dvd vitron saya, tiba - tiba aja mati. Sblumnya lagi nyetel lagu / musik. Knapa, ya mas zic ? Trim's..

Unknown said...

Mas zik slm kenal nama sy ahmad dr kalimantan timur"sy srg mbaca artikel anda sputar servic tv \dvd. smua sngt bagus dan berguna utamax bg sy yg msh pemula.smoga sukses slalu

wong ndeso said...

Salam kenal Bang ZI.wong ndeso.
terima kasih artikelnya.soalnya juga punya pasien yang problemnya sama seperti diatas.cuma beda merek.pasien saya mereknya toshiba,Model No:SD-K590KA.sebelum motor spindelnya saya ganti,IC servonya panas sekali.setelah saya ganti motor spindelnya,ic servonya panas tapi tidak seperti sebelum saya ganti motornya.untuk Ic prosesor panasnya standar.dan yg sudah saya ganti tr 8550 dua buah,kondensator 220u/16v dua buah.untuk teggangan +5v dan +12v stabil.kondensator power suplay bagus tidak ada masalah.kira-kira,dibagian apa yang perlu di diagnosa bang.terima kasih atas solusinya.

Anonymous said...

Broker Terbaik – Dapatkan Banyak Kelebihan Trading Bersama FBS,bergabung sekarang juga dengan kami
trading forex fbsindonesia.co.id
-----------------
Kelebihan Broker Forex FBS
1. FBS MEMBERIKAN BONUS DEPOSIT HINGGA 100% SETIAP DEPOSIT ANDA
2. SPREAD DIMULAI DARI 0 Dan
3. DEPOSIT DAN PENARIKAN DANA MELALUI BANK LOKAL Indonesia dan banyak lagi yang lainya

Buka akun anda di fbsindonesia.co.id.
-----------------
Jika membutuhkan bantuan hubungi kami melalui :
Tlp : 082276603391
BBM : 5364257D