Pencarian
Servis tv sharp tv LG tv Toshiba tv Samsung tv Panasonic tv Akira TCL tv Sanyo Sony protek

06 December 2008

TIP'S TUNER TV


TIP'S cara mengetahui kerusakan TUNER TV ini adalah jawaban untuk saudara Ian di http://answer.yahoo.co.id yang menanyakan bagaimana ciri - ciri kerusakan pada tuner tv.
Cara nya adalah sebagai berikut : coba perhatikan pesawat TV anda ,apakah masih ada sedikit saluran yang masih terlihat atau tidak dengan cara berpindah-pindah saluran,terus lakukan langkah berikut ini :
Anda masuk ke MENU lalu ke modus cari (TUNING) manual / semi auto dan bukan fine tuning.coba anda search ( cari program ) dan amati apakah ada saluran atau siaran yang dapat terkunci??Bila tidak , dan siaran terlihat terus lewat tanpa berhenti terkunci, maka kerusakan ada di komponen trafo IF ( 6019, 498U, Eo8L, 9074 dll).Tapi bila siaran berhenti atau terkunci dengan baik maka kemungkinan besar atau bisa dipastikan TUNER rusak.
Tapi apabila setelah pergantian IF sudah benar ,dan siaran TV sudah terisi penuh,matikan TV minimal 1jam.Setel kembali, perhatikan apakah siaran tidak berubah dan tetap bagus seperti pada saat prose searching ,maka selesai .Dan bila ada sedikit perubahan warna atau suara ,berarti tuner mengalami kerusakan dalam hal ini di sebut terjadi pergeseran.Ganti segera tuner.
Komponen Tuner tidak berjalan sendiri.Pastikan supply tegangan untuk tuner adalah normal .Baik untuk VCC-nya (5V/9V/12V) ada dan tegangan 33V untuk tuning ada dan stabil,serta tegangan AGCnya normal sekitar 50-75% dari tegangan catu.
Masalah pada komponen IF menyebabkan TV tidak dapat mengunci, masalah pada tegangan 33V menyebabkan pergeseran siaran atau tidak ada sama sekali jika 33Voltnya tidak ada.
Masalah pada IC program pun bisa menyebabkan tuner tidak bekerja karena setelan besaran tuning ada pada IC program.
Saya rasa cukup untuk sekedar menambahkan pengertian ke arah : ciri - ciri kerusakan pada tuner dan mudah-mudahan sedikit dapat membantu anda.
Atas perhatiannya saya ucapkan banyak terima kasih salam


zicelectronic

22 comments:

vivi alviyanti said...

makasih infonya

EoSICorp said...

Info yg sgt membantu om. Mo nanya, tv sy goldstar 17'. Penerimaan sinyal tvnya kayaknya kurang peka. Tau caranya modifikasi rangkaian di sekitar tuner supaya lebih peka? Komponen apa saja yg perlu diganti? Atau di stel?
Txs atas jawabannya

zicelectronic said...

Coba buka casing tuner..periksa solderan yang menuju ke soket antena.biasanya retak karena sering di goyang.
tip's nya adalah : putuskan jalur yang menuju PIN AGC tuner.dengan maksud memberi tegangan AGC secara manual.Ambil resistor 15k ohm.dan hubungkan pin /kaki agc tuner dengan menggunakan r 15k tersebut ke kaki B+ pada tuner.cara ini menetapkan titik tegangan untuk AGC sebesar 60% dari tegangan catu TUNER.sehingga faktor penguatan sinyal menjadi tetap.
Silahkan mencoba dan trim,s

EoSICorp said...

Nanya lg om zic.
1. Cara mengosongkan tegangan tinggi di tv gmn? Katanya skalipun udah tidak berhubungan dgn listrik masih ada sisa tegangan. Dibagian mana?
2. Ada cara modifikasi booster antena supaya lebih peka? Sy pake merk DF BOOSTER jenis yg Dx.
Tengkiu lg sebelumnya.

ZIC said...

Tegangan tinggi berbahaya .terdapat pada anoda CRT ( Lubang untuk memasukan kabel/kop dari Flyback )cara membuangnya : ambil kabel tester ( probe avometer ),masukan salah satu ujung kabel tester ke badan tabung,selipkan ke kawat/per di badan tabung tersebut dan tusuk lubang anoda pada crt dengan mennyelipkan ujung kabel tester ke kop flyback,jika masih ada tegangan tinggi maka akan terdengar suara percikan dan tegangan tinggi pun hilang.

Awi said...

Assalamu alaikum. Maaf bang nanya lagi nih, apa itu CF dan fungsinya, baik yg berkaki 3 maupun yg berkaki 2 yg biasanya terdapat pada rangkaian radio fm/am ?

solderknight said...

Cf adalah kependekan dari Ceramic Filter yang berfungi sebagai filter untuk meloloskan atau menekan sebidang frekwensi yg sesuai dgn nilai yg tertera di component tersebut.dalam hal ini CF 10,7 hanya meloloskan frekwensi: 10,7Mhz (frekwensi dari IF radio FM ) untuk di olah kemudian oleh bagian modulator menjadi sinyal/frek audio

Wah yudi said...

klo cf/ ceramic filter, klo sf apa ya bang.....

ZIC said...

Saya koreksi sedikit, yang betul SIF bukan SF.
SIF = Sound Intermediate Frekwensi

sohel said...

Om mau nanya apakah ada modul untuk membuat tuner ini menjadi AV out langsung? kalo ada beli dimana? namanya apa?

dan jika punya diagram/skema bagaimana men-convert IF output menjadi AV output mohon di review.

salam,

sohel
emailsohel[et]gmail.com

ZIC said...

Tidak ada modul/kit untuk merubah sinyal IF menjadi sinyal komposit (video) dan audio.Karena di butuhkan dekoderisasi yg kompleks menyangkut masalah sinkronisasi..seperti pada sebuah perangkat dekoder parabola .

Nuaink's said...

Oom Zic mo tanya.
TV LCD Mobil sy setiap searching sempat menemukan chanel tapi dilewat saja, saat menggunakan manual search juga di lewatkan saja. saat pakai fine tuning penerimaan gambar maksimal yang diperoleh tidak sempurna masih banyak semut nya terkadang suaranya pun tidak ada.
Apa kerusakan ini bisa di seselesaikan dengan apa yg oom zic paparkan. Yang di maksud komponen IF itu ada di mana ya oom? di dalam tunner nya gituh?
Tunner untuk tv lcd mobil kira2 bisa di peroleh di mana ya oom?
Maaf oom banyak tanya. terimakasih sebelumnya

ZIC said...

kauss tidak mau mengunci pada mode searching tersebut,anda cukup mengganti IF nya saja,kebanyakan produk china menggunakan IF dengan frekwensi kunci sebesar 38.9Mhz.kalau menggunakan IF sebagai pengunci ,anda dapat menggantinya dgn type 6019,kalau tidak terdapat komponen IF,berarti setingan frek IF terdapat dalam setelan parameter di dalam IC memori..

Nuaink's said...

Terimkasih Oom atas tanggapan nya, cuman sy masih bingung oom yang di maksud komponen IF pada TV mobil sy itu yang mana ya oom, maklum euy masih newbie. kebetulan sempat sy photo ni oom mainboard TV nya, bisa minta tolong om untuk menunjukan komponen yg di maksud. bisa oom Zic lihat di http://i274.photobucket.com/albums/jj266/yudisudarmadi/LCD-TV.jpg
Makasih ya oom sebelum nya

Nuaink's said...

Saya lagi Oom zic...
Oom kan sy masih penasaran ya, sy coba bongkar lagi tuner nya, sy ukur yg tegangan 33V di pin VT ya oom, itu ada sekitar 32V pada saat standby/off. Tetapi pada saat tv sy on kan tegangan tersebut langsung drop oom di bawah 12 dan selalu berubah-ubah terkadang sampai 9V kemudian naik lagi ke 27V, turun lagi saat seacrhing.
Kemudian sy coba arahan oom yang memotong jalur ke pin AGC dan langsung dihubungkan ke pin B+ dengan resistor 15k belum membuahkan hasil.
Dalam tuner ada IC A79106N terasa panas saat sy sentuh. Apakan hal ini menunjukan tuner rusak oom? type tuner nya TFT/TV-TUNER BLH 377A-BG/DK, kira-kira ada nggak ya oom jualan tuner tersebut.
maaf lho kalo banyak tanya
terimaksih sebelumnya

bowo said...

Mau tanya om kalo tv samsung super vision regulatornya keluar tegangannya 125 volt tapi kalo di beri beban langsung drob kira kira apanya ya padahal str sudah saya ganti masis samasaja, mohon solusinya

wibowodj said...

mohon pencerahan LA31S81B kalau body/casingnya nyetrum, yang trobel ?

Abby Allhabassy said...

problem autotuning atau manual yang tidak bisa berhenti solusinya nya selalu trafo if..nah bagaimana dengan yang tidak menggunakan trafo if seperti pada tv yang menggunakan ic tunggal,

zenal ariefien said...

bro kenapa tivi sharp gambar masih pindah pindah padahal udah ganti tuner

Pangat Supangath said...

Klw tv polytron ga bsa nangkep siaran kira2 rusak apanya ya om padahal tegangan pada tuner semua normal

Zaihul Ma`ruf said...

misi om Zic mw nanya
tv ane tidak bisa menemukan chanel tv kabel, klo pake antena biasa bisa, kenapa ya?

Ipung Fahlevi said...

om tv tuner advance saya type L778
pake antena digital bisa tapi klw pake antena biasa tidak bisa nangkep dan ngunci siaran.
mohon bantuannya om.