Pencarian

09 December 2008

RESET KODE TV CRYSTAL


TV CRYSTAL terkadang dan bahkan sering mengalami masalah pada IC memorynya.Yaitu kondisi dimana TV tidak mau start (hanya standby) meskipun tombol power di remote sudah di tekan berkali-kali .Kejadian ini sering saya dapat kan jika musim hujan dan petir.Dugaan saya kerusakan ini terjadi karena pesawat TV terkena induksi petir dari jala-jala listrik atau antena.Tapi juga tidak jarang terjadi dengan sendirinya.
Pertama saya selalu mengganti IC memorinya yg bertype : 81DC (sebenarnya IC ini adalah IC memory umum yaitu 24c08,dan yg bertype 41DC adalah 24co4).
Kalau anda tidak mempunyai cadangan memory "asli"nya atau yang telah terprogram,maka tidak ada jalan lain,kita harus me-reset ulang secara otomatis.Dengan catatan IC memory tidak rusak secara fisik atau short.
Triknya adalah sebagai berikut : hidupkan TV dan biarkan pada posisi standby ( protek), ambil remote controlnya ; Tekan tombol OK dan tombol Power pada remote ,tahan sekitar 3 detik,tunggu sampai TV otomatis menyala.
Periksa keadaan gambar dan suara,apabila ada yg tidak normal, segera masuk ke menu service mode untuk menyetel ulang parameter-parameter utama.Karena bila tidak,suatu saat TV akan kembali terprotek kembali.
Disini saya sering mendapatkan kasus ini pada type C-201 (20") dan C -1401 (14").
Untuk masuk ke mode servis, pada posisi standby tekan bersamaan vol(+) dan VOL(-) pada tv dan tahan hingga tv menyala otomatis ke posisi service mode.
Ternyata trik inilah yang sering membantu saya dimeja kerja.
Mudah-mudahan berguna bagi anda .

regard,
zic

9 comments:

samsulelec said...

hidup bang zic tv nya dah nyala mas .......buat mas zic makasih bwaaanyak .......salm sukses mas hidup mas zic..

samsulelec said...

mas zic mang hebat and baik hati,TUHAN yg membalas ya mas ,doa kami moga mas zic selalu dlm lindungannya

Aisy said...

Oke Bang Zic! Kali ini saya juga dapet tv CRYSTAL type CTV2120 dengan kerusakan begini:tv nyala normal tp setiap 3 sampai 5 menit tv akan terprotek dalam arti begini bisanya kalo terprotek kan lampu nyala tapi layar mati tapi ini nggak gitu,lampu led nyala tapi layar blank putih disertai garis-garis putih secara horizontal(seperti screen kegedean),suara juga nggak ada.Bila sudah blank begini saya ukur B+ drop jadi ±80V,tegangan 180V jadi ±45v,dan anehnya setiap saya ukur tegangan G2,tv langsung nyala kembali dengan normal kemudian langsung saya ukur kembali tegangan G2 terukur 96V,dan anehnya lagi bila tv nyala normal,bila G2 diukur layar langsung padam alias hitam pekat,tp heater nyala lho,begitu saya lepas tester dari G2 tv normal kembali,selang 3 menit blank lagi.saya pun menduga CRT error/rusak,akhirnya saya coba dengan mesin tv lain yang normal,hasilnya sama,setiap 3 sampai 5 menit blank,akhirnya saya kembalikan mesin originalnya dan anehnya lagi bila kontras di minimumkan(layar redup) tv bisa hidup normal tanpa blank lagi(saya coba sampai 2 jam,tanpa blank),semua komponen pada tv ini sudah saya cek semua dalam keadaan normal tak ada yang error,nah sekarang bagaimana tanggapan dari Bang Zic,terima kasih waktunya.

Anonymous said...

thank's gan infona

LOVELYZ TRILOGY said...

makasih power supply hp

Unknown said...

Bang klo crystal mode ctv 3200 msalah standby ilang2an trs. Abis ganti elco

Unknown said...

Bang klo crystal mode ctv 3200 msalah standby ilang2an trs. Abis ganti elco

Unknown said...

Bang klo crystal mode ctv 3200 msalah standby ilang2an trs. Abis ganti elco

Anonymous said...

Ni juga tv crystal 21inc start sebentar trus stanby/ proyek.
Waktu nyala sesaat b+ normal 110v
Gimana cara on paksa y bang
Biar kelihatan d layar kerusakan nya