Pencarian

01 December 2008

PROBLEM KLASIK TV POLYTRON MINIMAX series


Problem klasik POLYTRON MINIMAX series.

TV POLYTRON MINIMAX series mempunyai masalah klasik, yaitu kerusakan yang pertama kali terjadi sejak tv baru di operasikan / dibeli.
Mulai generasi minimax produsen polytron ( PT.Hartono istana electronic ) membuat rancangan power supply jenis baru dari yg sebelumnya menggunakan TR reg type: D1877/78 dengan rangkaian baru menggunakan trafo jenis baru dan transistor power reg. nya berjenis FET yaitu :FS5KM/FS 7UM / FS 10UM.
Masalah yg sering terjadi pada regulator jenis ini adalah : kalau boleh saya katakan "cacat produksi " karena pada komponen regulator untuk mensupply tegangan driver horisontalnya menggunakan kapasitas 10uF/63Volt.Padahal kalau kita lihat di mainboard nya, ukuran untuk kapasitor ini cetakan nomor komponen dan jarak kaki kapasitor tersebut seharusnya menggunakan kapasitas yg lebih besar lagi ( contoh pada type MINIMAX MX 1452 MG ) terlihat di kapasitor nomor : C 507 ( 10uF/63V).
Akibatnya kadang terjadi drop supply tegangan 50Volt untuk driver horisontal setelah melewati dua buah resistor 470 ohm/2watt ke tarfo driver horisontal.menyebabkan kondisi pesawat TV selalu dalam keadaan standby.
Inilah kerusakan yg sering terjadi dan pertamakali sebelum kerusakan yg lain.
Jika anda mendapatkan kasus seperti ini dimana kadang tv sangat sulit dinyalakan,meskipun pada kondisi tertentu bisa hidup,tapi lebih sulit menyala,maka ikuti tip's saya berikut ini.
Ganti kapasitor tersebut ( c507 pada seri MX1452MG) atau sangat mudah anda cari untuk type yg lain, yaitu elco yg terdekat dengan dua buah elco besar ( 1000 uF/50v) di depan regulator berkapasitas 10uF/63V, di ganti dengan elco 100uf/63V atau 100uF/100V.
Saya jamin tv dapat beroperasi secara normal...

salam
ZIC



50 comments:

Anonymous said...

bang zic saya punya problem tv polytron MX 20". Reg dng icFS7um jebol,sdh saya ganti tapi jebol lagi.asumsi saya trafo jg bermasalah, kemudian trafo saya ganti dan beberapa TR dan R.
tv hidup tapi sekitar 2jam tv mati.
saya cek IC fs7um,tr,diode B+jebol lagi.
menurut analisa bang zic problem dimana ya......

Lampardi said...

Salam kenal bang Zic..!
Saya mempunyai permasalahan yg sama, TV Polytron 'DIPE 123' 21". Tr FS7UM selalu jebol, padahal komponen D,C,R, Tr bg. Reg sudah diganti.
Mohon pencerahanya..!!

ZIC said...

Kalau TV sempat hidup beberapa saat.coba cek/ganti c:100uf/400V dan dioda bridge-nya.di tandai dengan suhu FS7UM yg cepat panas dan jebol.
Kalau TV tidak sempat hidup.periksa optocoupler 817,A1015,C1815 dan komponen di sekitarnya terutama dari jalur B+ (115V).
Kegagalan di sistim ini mengakibatkan jebolnya FS7UM.

Aisy said...

Yap tepat sekali!!! bpk.zic,kelemahan tv polytron minimax series memang pada c507=10uf/63v,saya juga sering sekali mendapatkan tv polytron dengan kerusakan seperti itu,tapi ada tambahan bpk.zic ada baiknya juga kita cek resistor 470k pada rangkaian B+adjust,karena sering kali berubah nilai/meninggi nilainya,juga diode IN4002 dekat elco 2200uf/25v yang mensupply tegangan 16v yang kemudian di turunkan menjadi 8v dan 5v,seringkali short juga,pada rangkaian ini juga banyak sekali elco 100uf/16v yang rawan menggembung karena panas,saya kira itu saja bpk.zic tambahan dari saya terima kasih

solderknight said...

Anda telah memberikan informasi yg sangat lengkap dan bagus untuk kasus tv polytron minimax series.
Masukan anda sangat bermanfaat bagi para pembaca yg lain.
Terima kasih dan salam sukses untuk anda.

dimas said...

mas zic numpang nanya saya pya problem dengan tv sony tipe lama yang pake ic cxa1213s posisi lampu standby dan tidak mau dihidupkan tegangan B+ ada TR output Horizontal bagus TR driver horizontal juga baik cuma tegangan ke trapo driver horizontal drop setelah lewat dua Resistor pembatas 68 K tegangan ini diambil dari B+ yg ke TR horizontal,output tegangan regulator hanya satu B+ 114 volt apa ada kerusakan di ic cxa 1213s output horizontalnya tidak ada, ic ini juga sudah sulit dicari di palembang
mohon pencerahannya, Terima kasih

Anonymous said...

bila pada posisi stand by tegangan driver harusnya tidak drop.ketika tv akan di aktifkan dengan menekan tombol power pada remote atau tombol program pada panel TV,tegangan di collector TR driver horisontal memang harus drop,pertanda bahwa tr ini aktif dan osc horisontalnya masuk.periksa apakah teg B+ untuk FBT atau COLL TR HOR juga ikut drop,berarti ada masalah pada rangkaian di sekitar FBT.Periksa semua elco di sekitar FBT dan coba lepas IC vertikal juga lepaskan soket YOKE.Untuk mencari sumber terjadinya DROP.

Jakobus said...

Bang Zic trima kasih yg sebesar-besarnya saya salut situs ini sangat memmbantu. Saya punya problem dgn tv panasonic tc-2088AM. pd bag. reg. yg memakai 90v terpisah dr teg 24v & 35v. yg jd masalah teg 24v & 35v jd naik sampai elko meledak. tapi yg 90v tidak ada masalah karna mungkin terpisah/ada dibagian primer travo. Mohon bantuannya. Thanks

ZIC said...

bila terjadi melonjaknya tegangan out regulator,ada dua penyebab : frekwensi osc switching terlalu tinggi atau sistem error corectionnya bermasalah / rusak.
penyebab pertama umumnya disebabkan oleh komponen capasitor,resistor,dioda/zener yg berubah nilai,bukan pada komponen aktif.factor kedua juga bisa disebabkan rangkaian disekitar optocoupler yg rusak,karena bagian ini mendeteksi besarnya teg.output terhadap teg.refferensi.
ganti semua elco bernilai kecil termasuk keramik,juga periksa resistornya dan juga rangkaian optocoupler baik bag primer/input maupun sekunder/output.

ZABDAN said...

mas zic kalou tv digitec ichiban kerusakannya:
kadang2 gambar hilang paling sekitar 1 detik disertai suaranya basar sendiri apanya yg rusak.

Nugroho said...

salam kenal bang Zic...!,
saya punya problem dengan tv polytron 14 inch dengan ic tda8361. suara ok tapi untuk gambar hanya tampilan osd saja, layar blank biru tanpa adanya raster ataupun gambar, baik untuk siaran maupun input av. sedangkan video out ok. mohon pencerahanya...!!

edwin doang said...

bang sic sy punya problem tv polivision pf512000 tegB+ ngak ada apanya

sawali said...

bang zic sy orang baru tapi mau tanya...bolehya tv politron kalo dipindah gambar kadang menciut tlg. jawabanya sy tunggu trim.. SAWALI bengkel baru pengen kenal bang BANG ZIC

service_elektronik said...

wah kasihan bang zic.banyak pertanyaan.kapan kerjanya.tapi membantu teman yg kesulitan dapat pahala.coba bantu bp sawali,coba cek cap.220mf/160v.trus cek cap 47mf/50v letaknya dkt but 11af.diganti 100mf/100v.ganti vr adj 110v.kalau belum bisa cek tegangan pln diatas 220v sering kasus ini terjadi.salam cah semarang totok teknisi.tvgmail.com

Anonymous said...

salam kenal bang zic,saya ada menemui
tv toshiba pakai ic ta8659an,gambar blank.kira2 apa nya ya,ic program udah ganti,ta8659an juga sudah,tegangan semua normal,hanya R,G,B.out dari ic kecil sekali.sekitar 0.5v.saya disini boz

SAWALI ... ALI said...

BANG ZIC tolong kasih skema TV politron diva 21 inch.trim.

SAWALI ... ALI said...

BANG ZIC kasih alamat YM nya dong saya pengen kenal lebih akrap kalo saya ke jakarta biar bisa mampir ke bekasi. trima kasih sebelumnya... DIAN ELECTRONIC BATANG

ANGGA SERVIS SP2 said...

bang zic saya punya problem pada tv politron 21, semua tegangan drop ,,hanya pada saat pertama dihidupkan saja tegangannya normal
gak sampai sepuluh detik langsung droop,kira 2 apa solusinya bang zic

HALILI said...

bang zic,aku mohon bantuannya.data option utk polytron minimax MX1503 plus radio?
opt 0 . . . . . . . .
opt 1 . . . . . . . .
opt 2 . . . . . . . .
opt 3 . . . . . . . .
dan optionnya ada brp?makasih bang

HALILI said...

option utk polytron minimax MX 1503 plus radio
opt 0 . . . . . . . .
opt 1 . . . . . . . .
opt 2 . . . . . . . .
opt 3 . . . . . . . .
opt 4 . . . . . . . .
ada brp option bang?
trimakasih bang.

Aqiq & Raikhan said...

mas Zic, ada masalah dg digitec dm 143031 .kondisi tidak start,110 v ,22 v 12 volt ok tapi di tr c327pada colektornya 0 .TR 327 saya ukur ok.(saya sudah ganti ic osilatornya tda 8305 ).rastan pada diver horisontal panas(TR driver Hor saya ukur ok )

Aqiq & Raikhan said...

Mas ZIC, ada lagi masalah pada tv china.Gejalanya cuma contras sangat lemah. saya coba sebentar naikkan heater sedikit malah biru dan gambar hilang. display juga hilang.Mohon pencerahannya
trimakasih Mas.

yust said...

tlng dong email parameter setting minimax mx 5207 ke yust.arik@gmail.com, soale baru ganti ic memory nih...please

freeediy said...

bang zic saya sangat puas dengan blok ini,saya dapet problem dg tv sony KV2553GW.untuk TR horizontal putus terus.yg ingin saya tanyakan berapa tegangan yg masuk ke B+,berapa seri tr horizontal yang asli/bisa di pasang,apa penyebab putusnya tr horizontal.terimakasih,mohon jawabanya.salam sukses

Unknown said...

minta bantu dong.....
Aku punya masalah MINIMAX tegangannya suka drop. aku belum sempet ngukur, malah sekarang thermistornya pecah dan FS7UM nya mati

Unknown said...

minta bantu dong.....
Aku punya masalah MINIMAX tegangannya suka drop. aku belum sempet ngukur, malah sekarang thermistornya pecah dan FS7UM nya mati (papiakbar)

sujianto said...

salam kenal... sementara belum ada problem.....

Hery said...

Bang Zic..Tv digitec ninja 21 inch saya standby terus,kira2 apanya ya?
Boleh minta skema tv-nya!
Terimakasih sebelumnya.

Unknown said...

salam kenal,
mas, saya mau tanya. tv saya polytron 29" seri xcel. dari awal membeli, ada sekumpulan garis2 horizontal berjalan dari bawah keatas (ada 2 kumpulan, masing2 kumpulan +/- 3 garis). sbnrnya tdk jadi masalah besar bagi saya, tetapi jadi menggangu mata setiap kali menonton tv, apalagi tv baru nih :p. ada masalah apa ya dgn tv saya, bagaimana solusinya?
terima kasih banyak atas bantuannya.

Koni said...

Mohon Bantuan, saya mendownload skema polytron di www.tvservicemenu.com tapi ngga bisa di buka..apa ada yang tau passwordnya..saya sangat butuh skema tersebut

Admin 2 said...

passwordnya tvservicemenu.blogspot.com
Coba saja...pasti berhasil

Unknown said...

mas saya baru belajar bongkar tv...saya punya polytron 21" type MX 5207 minimax series...
gambar jadi segaris di tengah dari atas ke bawah....
kata orang...bagian horisontalnya yang kena.....biasa nya apa aja yang harus di ganti....
sedikit2 aku agak paham tentang audio, tapi kalau tv aku belum pernah pengalaman.....
ada yang bisa tolong aku?????

adeden said...

salam kenal bang zic..
mau numpang nanya lg ne.
polytron minimax led nya berkedip gambarnya jg ikut berkedip suara hilang,remot &panel gak fungsi..
kira2 apa nya ya bang??

ady said...

Mat pagi mas lam kenal saya ady,mas sya mau tnya klo tv polytron mx20323 saat di hdupkan layar gak hiup,dan suaranya ngosos kaya radio,kira''apanya ia mas mohon pencerahanya

Sandy said...

Saya mau tanya,tuk memasang kabel warna hijau regltor gagun dititik yg mana ?? trimkasih!

kasno said...

tv polytron...minimax 5258m bila transistor horizontal dilepas B+ y normal bila di pasang B+ y ngedroop.mohon solusi nya

HERU HERMAWAN said...

salam knl mas sy heru dri sukabumi,mau tanya..saya lg garapin tv polytron 14 in untk type y sy lp,keluhan y tv normal tapi di bag acmatik y ada suara menjerit udah sy obak abik hmpir 1 bln belm kelar jga,sy cb gnti trapo acmatic y msh ttp bunyi,kira2 pa y yang hrus sy gnti,mhon pncerahan y,,
trima ksh

TKJ Alazmi said...

gan tolong bantu tv saya polytron minimax 21" awalnya mati standby,tapi masih bisa hidup walaupun harus nunggu lama.
nah saya cba cari tau di website2 suruh ganti elco ke yg lebih tinggi katanya,terus saya ganti eh malah tv saya jadi gaidup lagi,pas dicolokin kabelnya terus saya coba idupin cuma ada lampu berkedip satu kali lalu mati lagi dan gaada tanda2 akan hidup standby lagi.
tolong diberitahukan salahnya dimana dan langkah apa yang harus saya lakukan..saya harap bantuan yg sejelas2nya gan,thank's

ohiya saya mengganti 47uf 63volt dengan elco 22uf 250

TKJ Alazmi said...

gan tolong bantu tv saya polytron minimax 21" awalnya mati standby,tapi masih bisa hidup walaupun harus nunggu lama.
nah saya cba cari tau di website2 suruh ganti elco ke yg lebih tinggi katanya,terus saya ganti eh malah tv saya jadi gaidup lagi,pas dicolokin kabelnya terus saya coba idupin cuma ada lampu berkedip satu kali lalu mati lagi dan gaada tanda2 akan hidup standby lagi.
tolong diberitahukan salahnya dimana dan langkah apa yang harus saya lakukan..saya harap bantuan yg sejelas2nya gan,thank's

ohiya saya mengganti 47uf 63volt dengan elco 22uf 250

Rustamaji Family said...

terima kasih sekali pak!tv minimax ane langsung normal lagi setelah ganti elco (c507).

Unknown said...

Thanks mas :)banyak pahalanya

gonzaga said...

salam kenal mas,saya mau nanya nich ic vertikal dan ic regulator yv polytron mx minimax 1503R nomer serinya berapa ya mohon bantuannya..

DOME AUDIO said...

Minimax mx 1403rw indikator kedip, fs 7um nya cepat panas , 38v,10v,8v n 5v teg naik turun, sebelumnya pake fet p9nk65zfp, karna aq nyari susah torpaksa tak ganti fs7um,optocoupler,tr 1015 ama 1815 udah tak ganti,sebelum tak psg fs7um, G 4v, stlh fet tak pasang v gain jg naik turun,dioda 3v dah tak ganti, menuru kang zic apa lagi yg harus aq obrak abrik lg?

Unknown said...

malam gan ikut gabung..

Anonymous said...

KL TV polytron MX1403R tidak bisa AV Krusaknya d mna mas,mhon sulsinya mas

Unknown said...

Tolong pencerahnya tv polytron mx 14 semua tegagan drop b+ cuma 50 dan 30-9v,10-2v mohon batuanya

Joko semedi said...

numpang tanya gan, saya punya tv polytron minimax mx1503r tegangan output semua naik turun bersamaan itu bunyi cit cit, padahal beban horizontal sudah saya cabut masih naik turun. mohon pencerahanya gan trimakasih

Unknown said...

maz zik saya punya tv polytron mx 1403r/w tak bisa nyala terus kalau mau nyalain harus nekan tombol menu itu kira2 apanya yg harus di perbaiki agar seperti semula mas.terima kasih

Unknown said...

Bang Zik, mohon bantuan pada TV plytron MX 1403 riw, elko pada c705 itu brpa ya, tak lepas lupa nilainya, mohon maaf. Terima kasih

Unknown said...

Bang Zik, mohon bantuan pada TV plytron MX 1403 riw, elko pada c705 itu brpa ya, tak lepas lupa nilainya, mohon maaf. Terima kasih