Pencarian

01 December 2008

POLYTRON PROBLEM PROTEK


TV POLYTRON juga kadang mempunyai masalah di sistem memori internalnya ( pada ic program seri STVxxxx).
Gejalanya adalah pada saat di nyalakan ,beberapa detik mau menyala sekitar 10-15 detik.Timbul suara sebentar ,setelahnya protek/standby.
Ini di sebabkan sedikit error pada data memory yg terdapat di dalam IC program.
Untuk mengatasi hal seperti ini , anda cukup melakukan trik yg akan saya berikan berikut ini:
Nyalakan pesawat TV seperti biasanya, dan tunggu posisi tv dalam keadaan protek/standby,gunakan remote orsinilnya ,tekan tombol menu pada remote dan tahan sekitar 3 - 5 detik hingga tv menyala secara otomatis.
Biasanya Tv langsung normal kembali,karena data dalam memory telah di reset ulang secara otomatis ke keadaan PP ( pactory preset ).
Kenapa bisa terjadi begitu? sebab kalau pada posisi TV standby.tombol power memberi sinyal perintah hidupkan ( ON ) pada IC program.Kalau pada posisi standby, tombol menu yg ditekan terus dalam sekian detik akan memberikan input RESET data memory ( flash).Dan jika kondisi memory normal,maka dalam hitungan 'timing' tertentu perintah tersebut akan di artikan sebagai sinyal masuk ke posisi MENU SERVICE.Dan sistem secara otomatis akan meminta passcode untuk masuk kedalam sub menu service.
Kode passcode nya adalah 1013 untuk setelan dasar ( fitur) dan 1014 untuk mengatur parameter -parameter utama ( H-frek, V-amp, AGC, AFC dll)
Dan jika anda mendapat problem seperti yg saya utarakan di atas,cara tersebut adalah yg paling mudah untuk mengatasinya.Tapi sebelumnya pastikan dahulu bahwa semua titik solder dalam mesin TV tidak bermasalah, ada baiknya anda teliti dulu semua titik solder sebelumnya.
Karena apa? sebab sistem proteksi juga akan membaca keadaan rangkaian sebelum tegangan-tegangan normalnya akan diaktifkan.jika ada masalah di titik solder ( biasanya terdapat pada titik kaki IC vertikal ,kaki FBT, regulator) sistem akan tertahan ke posisi protek.
Saya rasa cukup sekian dan mudah-mudahan bisa berguna bagi anda....terima kasih.





zic

15 comments:

ZABDAN said...

sebelumnya ana minta pamit sama mas ZIC bolehkan ana lihat2 blognya karena info2nya sangat membantu thank qy banget,semoga ilmu yg ana dapatkan bermanfaat amiin,kalo blh ni ana minta solusinya begini ceritanya ana sedang megatasi TV POLITRON 123 yg TR horisontalnya bila TV dihidupkan plos3 mati terus TR horisonnya sampai2 4TR YG JADI KORBANYA ,padahal komponen skt tr sudah ana cek bagus to, B+ sama tegangan 8+ 5 v nya normal flyback + yoke ana coba ke tv lainya ndak masalah puyeng ana sebab mau coba2 lagi takut nanti ada yg jadi korban lagi ,bila mas ZIC MAU TOLOOONG DEH KASIH SOLUSINYA ke inamshodik@yahoo.co.id .salam sukses buat mas ZIC dan selalu sehat selalu biar blognya tambah rame dan bs ngasih solusi ke ana amiin.

ZIC said...

sebab2 Tr hor selalu putus:
1.tegangan VCC (115V) nya melunjak.coba di ukur tanpa dipasang tr hor,pada saat di on apakah tegangan sempat naik hingga 200V,kalau ya.periksa bagian optocoupler dan sekitarnya.

2.Frekwensi OSC HOR.tidak tepat ( telah berubah ) ,ganti crystal di IC osc hor ( STV 2286C )

3.Rusaknya IC vertikal juga bisa membuat TR hor putus ( pada type 123)
4.Flyback short.

ZABDAN said...

trims atas infonya yg sangat membantu mas ZIC ,keluar jalur ni mas ZIC mau nanya kalo yg konsultasi blog PS2 mana ya apa di sini juga menerima .

solderknight said...

Satu diantara kawan kita ( bung jremos adalah maniak di bidang PS2 )dapat anda lihat di link HALAMAN KITA .

Agus said...

sebelumnya met kenal
saya mau tanya masalah TV POLYTRON,
Brightness dan contrass nya tidak bisa berubah (terkunci), padahal udah diatur ,yang lain mau diatur (volume,warna,dll).sebelum dan sesudahnya banyak trimakasih

Syahrull said...

Mas saya mau nanya tv polytron tv nya di tekan tombol volumenya baru tv hidup terus kalau di lepas nekan tombol volume nya tv mati lagi apa kerusakan nya mas terima kasih.

kuplex said...

boos tvku mati polytron yg pakai HBT-00-02G hidupke sbentar mati lagi kayak protek apanya ya makasih

Unknown said...

trimakasih sebelumnya.saya ada tv polytron kerusakannya protek,bila ku teka menu di remot beberapa detik bisa nyala.tapi gak ada suara ,gak ada gambar,cuma garis vertikal tapi di bawah.bagai mana solusinya?trimakasih.hadi mranggen

ardhybandhil said...

Ardy:: maz smua lam knal, , jg maz zic met kerja. Aq da problem politron 21 minimax. Tadiny gak nyala trz q gnti elco di teg 50v, skrg dah bs nyala, tp da msalah lg, jk di nyalakan dgn soket speaker trpasang tdk mau nyala. Namun jika soket di lepas mau nyala, ketika nyala soket speaker dipasang, gambar tetep normal tapi suara tidak keluar walaupun level suara max. Tlg solusiny. Trims.

ardhybandhil said...

Ternyata 3 IC audio semua gak ada yang normal, setelah aku ganti ada suara audio tp kecil skali. Coba aku jamper" ketemu IC control audio AN5189K juga tidak normal. kemudian aku ganti setelah itu udah normal semua. met beraktifitas tuk semua. salam dari blitar.

Unknown said...

bro ada yang punya skema polytron minimax? bagi dunkk

okbos said...

bang sebelumnya slm knl ,aku mau tanya nih ,polytron minimax pakai ic stv2286, hidup sebentar trs stndby, dinyalakan pakai remote bisa ,tapi trs stanby lagi ,ic nya tak coba di tv lanin normal , mohon pencerahan nya....!

teguh elektronik said...

om zic aq pnya masalah Pd TV polytron diva 21" ga mau nangkep sinyal..awalnya bisa krna da masalah pada gmbr aq coba set ulang pada menu servis.tp setelah itu sinyal hilang,aq coba search ulang jg msh tdak mau.kira2 apanya y om.minta petunjuknya trima kasih

KompakBit said...

Salam kenal Cak ZIC,
sekarang lagi ada garapan Polytron MX-1403R/W. ada beberapa nilai komponen yang dicocokkan. kalo punya skema Polytron MX-1403R/W atau identik juga ndak apa2.

Terimakasih atas infonya

Unknown said...

salam knal bang saya khoiri dari riau.mau tanya saya punya tv politron tipe PC-52UV200B mati total.kalau di hidupan ada suara ngikkk.. pada sekitar trafonya.maaf saya pemula nih baru belajar.kira kira apanya yg rusak bang.mohon penjelasanya.ni hp saya 081378382945 atau email saya Asbanulk@gmail.com mksh sblmnya bang.