Pencarian

02 December 2008

monitor LG STUDIOWORK 7168 problem



Monitor merek LG banyak beredar di Indonesia , bersama kompetitornya SAMSUNG.Kedua produk asal korea itu sebenarnya agak mirip dalam hal rangkaian dan model.bahkan" isi dalam perut "nya pun tidak jauh berbeda.Entah kenapa bisa demikian?
Kami pernah mendapatkan kasus pada monitor LG STUDIOWORK type 7168, yang gambar tampilannya berupa klise ,gelap sekali dan tanpa warna, yang terlihat itu sebenarnya hanyalah sinyal atau gambar dari komponen video tanpa chroma. karena justru teks dan gambar terlihat polos ( no colour ) dengan latar belakang gelap ( klise ).
Kerusakan ini terjadi karena tidak adanya sinyal chroma/warna.Pada type LG studiowork 7168,
kerusakan terdapat pada IC 303 ( terdapat di PCB RGB ) dengan type : LM 2445 TA.
Setelah kami ganti, masalahpun teratasi.LG studiowork siap tampil.

zic



12 comments:

Opank Nino said...

halo Ki,
Tambahan sedikit nih...untuk LCD LG Flatron 17", Pada umumnya kerusakan ada di Elco 1000uf/16V di bagian Power supply, jika ada gambar sekilas kemudian stdby atau tidak mau start kemungkinan besar elco 680uF/16V atau di tegangan 5V-nya. Jika kerusakan Out Of Range kemungkinan Elco 470uF/16V yang ada di Video Drive bocor. Dari 40 LCD yang rusak di kantor gw, 39 berhasil dan 1 gagal itu karena memang IC Video drivenya memang hangus. Elco 1000uF/16V kembung karena ketika gw ukur tegangangan disitu berkisar 15-16V jadi jika terjadi sedikit saja lonjakan voltase maka akan sangat berpengaruh pada ketahanan Elco tsb. sekian Ki, moga menjadi masukkan yang berguna bagi ente jika suatu saat memperbaiki LCD LG.

Opank Nino said...

Tambahan lagi untuk LCD LG Flatron, jika menemui kasus "Control Locked", kita cuma harus menekan menu + > (panah ke kanan), tahan sekitar 3 detik, kombinasi tombol ini akan membuka (Unlock) kontrol sistem.

tarmizi said...

Bang Zic, kalo monitor TVM 19 inc, waktu buka sampai desktop gambar normal, tapi begitu masuk ke office atau warna warna cerah/kontras, pinggir gambar bergelombang besar bergerak pelan kebawah, saya coba tuker Blok RGB dengan yg masih bagus tetep aja kira kira blok mana yg harus di check..? terimakasih mas.., Maaf ya bang Zic saya sering tanya

ZIC said...

Kerusakan ini terjadi pada supply tegangan untuk blok RGB.Periksa dan ganti C: 47/250V dan 220/160V dan 100 atau 2200/50V.
Cek ABL (Automatic Brightness Limiter)pada kaki FBT,cek Capasitor dan resisitornya yg sering berubah nilai.
Pastikan C:100uF/400V bagus dan tidak gembung/bocor
Karena pada saat layar menampilkan cahaya terang/full di perlukan stabilitas tegangan.
Saya juga berterimakasih atas partisipasinya di zicelectronic

Aisy said...

Bpk.zic,saya mohon pencerahannya,saya lagi mereparasi monitor cina merk LEO model 15A,monitor tidak mau hidup hanya led indikator yang menyala kedip-kedip,semua bagian blok udah saya solder ulang semua,tapi tak ada perubahan yang berarti,mohon petunjuknya dan terima kasih he he he maaf nanya melulu!!

ZIC said...

Periksa dahulu TR horisontalnya,jika short ,ganti.atau jika masih bagus ,perhatikan apakah panas,kalau panas kemungkinan FBT nya sudah rusak.Tapi sebelumnya periksa tegangan 75V, 160v dan 16 voltnya.barangkali ada elco regulator yang sudah bocor.

Aisy said...

Terima kasih atas jawabannya pak zic

andre said...

Tolong bang.monitor treq setelah dipakai kira-kira 30 menit,monitor selalu berkedip,padahal monitor baru,makin lama makin sering berkedip,volt ok.kutunggu pencerahanya.makasih.

PRADANA SERVIS PROLINK said...

bang zic aku punya kerjaan ,monitor jooyon tech ,dengan kerusakan horz lebar dan setelan horizon..size gak kerja dan bengkok gambar ,dan ini juga gak bisa di setting ,semua gak kerja di bagian horz...kira2 apanya ya bang zic mohon bantuan nya ya bang zic..............trim.. banyak

Mr.K said...

halo... mas zic, saya mau tanya nih, kalau monitor lg flatron T730sh kerusakanya kalau conector dicolokin ke vga cpu hidup-mati-berulang terus. kalau dilepas tampilan no signal normal, awalnya sih cuma ketesan air hujan bagian power, ic ka 3842 dan Q901 sss7n60b serta r915,r902,r916,r918,r925,r924,d910,d905
ada yang terbakar, korselet dan putus dah saya ganti terus hidup, teggangan juga normal sesuai skematic, cuma jika gambar yang meng hasilkan sinar sedikit monitornya hidup normal misal menampilkan scren saver dvd player tapi kalau wtampilan awal dvd player yang tampil pertama-tama tampilan normal lama kelamaan cahanya semakin terang dalm waktu 5 detik terus mati hidup mati berulang ulang jangka waktunya sekitar 1 s/d 2 detik tegganganya juga jadi naik turun kalu di ukur pake avo meter jarum. cuma 2 komponen yang ku ganti yang agak beda pertama d905=UF4007 ganti in4007 dan r925,924=0,39 ku ganti pakai 1 buah r 0,39 2w. terima kasih atas jawabannya.

JuraganAlarm said...

Pak Zic, mohon bantuannya ,monitor saya LG 710S studioworks udah sy betulin bagian power supply dan TR final horinzontal.. sudah mau menyala dan ada infonya dilayar.. ttp hidup dan mati seperti tombol power ditekan dgn interval 1 s/d 2 detik.. kira² bagian apa yg rusak? power IC supply tadinya pake KA3842 sy ganti pake UC3842, kemudian MOSFET type 7N60B aslinya body plastik, sy ganti tp bagian bodynya ada metalnya apa berpengaruh? terima kasih Pak Zic..

Zul said...

Halo mas ZIC, mohon pencerahanx mas, sy ada masalah pada monitor GTC Ultimate mati kondisi lampu monitor kedap kedip.Saat awal dinyalakan lampu tdk berkedip n sy ukur tegangan 5,12,6.3,80 keRGB ada setelah kedap kedip tegangan 12 n 6.3v hilang.