Pencarian

09 December 2008

LG STUDIOWORK G500




Pada monitor LG STUDIOWORK G500 saya sering mendapati kerusakan gambar mengecil di sisi kiri dan kanan serta gambar melengkung.Pengaturan linearitas horisontal tak berpengaruh sedikit pun.
Karena mesinnya mirip dengan type studiowork 7168,tidak tertutup kemungkinan kerusakan ini pun terjadi pada seri studiowork 7168.
Penyebab masalah ini ada di bagian pengaturan horisontal wide.Yaitu gagalnya komponen transistor IRF630 untuk mengatur setelan lebar (wide) mengikuti setting resolusi dari setting di cpu oleh pegguna,Hingga menyebabkan transistor ini lemah dan rusak.
Jika anda mendapatkan kerusakan penyempitan di monitor LG STUDIOWORK 500G ini.Pertama anda cek komponen Q711 ( IRF 630),dioda D701 serta C5701.
Dilain kasus, buruknya titik solder di sekitar daerah ini juga berakibat demikian.
Mungkin berguna bagi anda .......atau ada tambahan ??? saya tunggu informasinya.



Terima kasih


zic

16 comments:

Anonymous said...

Kalo untuk TVM 19", gambar kiri kanan bergelombang besar ketika masuk office atau warna warna putih/kontras ( waktu masuk sampe desktop windows gambarnya normal ) mohon penjelasannya mas, terimakasih..

baburinix! said...

mo nanya:
monitor advance.
irf 630 sering mati dan dioda kaca memercikkan api...
gimana solusinya?

monitor LG 710s.
kok tiap kali ganti ic horizontal J6810 selalu mati lagi..apa penyebabnya ya mas?
terus ada g yg jual sparepart ic seperti itu. boleh minta alamatnya g?

ZIC said...

TVM 19" : jelas kerusakan terjadi di regulator.tepatnya di jalur 70V dan 175V.ganti elco 220/200v dan 100/250v nya.

IRF 630 ( FET type -n ) sering mati karena beban berat di bagian HOR OUT.di sebabkan FBT dan TR HOR yang rusak.Periksa juga dioda dan capasitor ceramic pada jalur GATE IRF630 tersebut.

J6810 ( transistor FBT ) mati disebabkan FBT nya yg sudah Short.Persamaannya bisa dipakai BU2508AX,D1877,atau C5149

roditriantomi said...

kalau monitor LG saya cek teg hor lebih dari 250v itu dlm keadaan TR HOR saya lepas,lampu indikator nyala ijo tp beberapa saat kemudian berkedip terus teg 0 lagi, demikian terus menerus. saya coba copot TR irfs 630 nya,lampu indikator bisa trs nyala hijau,tp irfs 630 saya ukur gak rusak apanya ya...?

kuturimbo said...

Hallo Bpk Zic!

Salam Kenal dr Jambi, saya mo nanya kebetulan ttg monitor yaitu monitor Advance 15" model P2S-5, barangkali Bapak pernah memecahkan masalah monitor ini. Saya dapat pasien satu nih, punya masalah di dioda D813 (31DF4), R819 (22ohm/2watt) dan C818 (1000pf/1kv) yaitu panasnya luar biasa. saya cek irf 630nya ngaak masalah (nggak konslet), saya ganti baru juga tidak mau tetap panas. kalo FBT yg konslet biasanya FETnya yg panas tapi ini aneh yg panas justru dioda dan resistornyayg panas. kemudian teg di kaki drain fet 630 adalah 103V apakah teg ini normal?
Apakah di jakarta ada tempat menjual FBT atau FBT persamaannya utk monitor Advance P2S-5, Mohon share pengalamannya Pak. Terima kasih.

Aisy said...

Pak Zic bagaimana cara mengetes monitor tanpa menggunakan CPU? Terima kasih.

Asep elektro said...

Team ZIC mohon bantuan,monitor sy acer asfire gosing, PTC udah d ganti tetep pas 1jam lebih gosing berkurang. Tolng bls di asep.elektro5@gmail.Com

ZIC said...

Acer asfire menggunakan sistem command degausing..pendegausan terjadi hanya apabila perintah degaussing di aktifkan..berdasarkan keterangan dari anda, saya menduga kerusakan terjadi pada komponen TRIAC degaussing nya ..yang mensupply catu daya AC 220 V untuk komponen spul degaussing,PTC hanya berguna sebagai soft start (peredam kejut).

Aisy said...

Pak zic mohon bantuan,saya dapet monitor LG 505G dengan kondisi:R902,R915,R918,R924,R925 hangus terbakar,bisakah pak Zic kasih tahu saya,berapa nilai masing2 R tersebut? Atas jawabannya terima kasih.

ardiewardana said...

Ask ude wa posting si cmn ke uplod apa gaknya ga tau wa tanya lg aja yah, JG G500 input RGB ga dico;olin apap apa dilayar ada tampilan no signal, tapi kalo input RGB dicolokin ke CPU malah jadi layar mati dan LED power jadi nyala merah, knapa yah?

ardiewardana said...

Ask? ude wa posting si cuman ke upload apa gaknya gak tau wa tanya lagi aja yah,monitor LG G500 input RGB gak dico;olin apa apa dilayar ada tampilan no signal dan LED power nyala ijo, tapi kalo input RGB dicolokin ke CPU malah jadi layar mati dan LED power jadi nyala merah/orange, knapa yah?
Thanks...

Slamet Sodikin said...

mohon bantuannya monitor lg studioworks 505g horizontal size terlalu lebar dan tidak bisa dikecilkan, terima kasih

Slamet Sodikin said...

saya butuh transistor D1413 ada yang bisa bantu slamet_btr@yahoo.com

coker said...

slm kenal buat pak Zik. say mau nanya,monitor LG 505G,tadinya FBT&TR FBT jebol,sudah sy ganti keduanya,waktu sy tes gambar menyempit Horizontal & Vertikalnya.sy tes dengan Monitor Tv Box,,keluar di monitor tulisan "out of frequency" serta serta keteranga Hf & Vf. IRF(type fet) sudah sy ganti namun gambar msh spt sebelumnya. mohon bimbingannya.

hamiminfo.com said...

mau tau kerusakan bagian mana ...Monitor Lg 710s 17 in.jika pertama dihidupkan gambar sempit bergerak-gerak seakan mau melebar. 1 menit kemduia melebar namun kanan-kiri bergerak-gerak.setelah dibaiarkan lama gambar bisa strabil.

Wawan setiawan said...

Bang Zic, sy punya monitor Advance 15" model p2s-5 yg rusak fet irf 630,R502,Q502 Dan Q503 serta dioda IN 4148,yg sy mau tanyakan berapa nilai R502 tersebut krn terbakar jd nilainya tdk bs terbca lg,dan apa penyebab kerusakan tersebut krn sy sdh cb gnti Irfnya tanpa memasang R502 tp Irf dan Dioda IN4148 ttp jebol lg,mhn penjelasannya.