Pencarian

28 December 2008

HP VIRTUAL BATTERY


HP VIRTUAL BATTERY adalah pengganti baterei ponsel bagi anda yg menggunakan ponsel sebagai modem.Termasuk saya sendiri yg menggunakan ponsel HAIER d1200p sebagai modem internet.
Kenapa mesti menggunakan baterei virtual ini.Bagi yg hobby internetan "full time" dengan modem ponsel,pasti tahu masalahnya,yaitu baterei yg menjadi panas dan cepat boros bahkan soak.Alat ini adalah solusi yang baik untuk menjaga dan merawat ponsel kita dari kemungkinan terjadi nya kerusakan akibat over charging baterei.
VIRTUAL BATTEREI yang saya buat ini bekerja sebagai berikut:
Sumber catu dayanya kita ambil dari port USB,karena port ini sangat mudah dan simple untuk dipakai dan cukup memberikan sumber arus standard pada saat ponsel online (500-750mA).
Cara kerja rangkaiannya adalah sebagai berikut:
Dioda in 5239 atau dioda 2Amper standard ini selain berguna untuk memberikan arah polaritas tegangan yg benar juga sebagai komponen proteksi terhadap kesalahan penggunaan.Anda dapat saja menggunakan dioda 1 Amp ( IN4002-4007).Saya menggunakan IN 5239 hanyalah karena ingin awet saja,lebih tahan panas.
Zener 4v3 dan dioda IN4007 dikonfigurasikan untuk menciptakan portal tegangan sebesar 5V ( 4,3 volt zener + 0,7 Vin4007 )dan berguna sebagai sistem proteksi terhadap kemungkinan lonjakan tegangan apabila terjadi kerusakan pada CPU.
Kapasitor 220nF sebagai penstabil danpengganti sel baterei asli.berikut juga kapasitor 100pF untuk meratakan dan memfilter arus dc yg keluar melaui dioda 5239 terhadap induksi liar.
Konfigurasi antara zener4v3,dioda IN4007 serta C 220n membentuk sebuah sel pengganti dari sel baterei sebenarnya,karena baterei itu sebenarnya adalah kapasitor yg ber kapasitas besar.
Anda dapat saja menghilangkan tiga komponen tersebutdi atas.meskipun dapat bekerja dengan baik.Tapi hasilnya tidak sebaik yg menggunakan sel virtual (pengganti), yang pasti keamanan lah yg harus kita pikirkan untuk menghindari hal-hal yg tidak di inginkan.
Cara pembuatannya adalah dengan menggunakan baterei ponsel bekas yg telah di buang sel-nya ,rakit rangkaian ini dan solderkan pada terminal di baterei dengan polaritas yg benar.Buat lubang untuk dua buah kabel menuju ke jack/colokan USB.Tentukan panjang kabel yg dibutuhkan secukupnya dan gunakan kabel serabut dengan diameter minimal 1mm.
Jika beberapa type baterei ponsel sangat tipis,gunakan box kecil lainnya untuk rangkaian ini dan hubungkan dua kabel lagi untuk tegangan output menuju casing batere hp.Atau juga jika anda tidak mempunyai casing batere bekas,gunakan saja penjepit buaya menuju terminal batere di ponsel..Pin tengah pada virtual batere hanyalah pin pengganti BSI (Batere Size Insdicator) berguna untuk HP Nokia.
Rangkaian ini anda dapat buat untuk ponsel merek lainnya.

Selamat mencoba dan sayangilah ponsel anda.

regard,
www.zicelectronic.tk







9 comments:

Anonymous said...

mas zic ni baru tau klu hp smart bisa internetan ,bisa di bahas mas,soal nya ni penting bannget,q pengen tau tu cara nya gmna???juga bisa gak mas smart di ganti pakai kartu flexy atau freen,gitu aja ya mas ........yg be gitu mulia tlh bagikan ilmu .salam sukses selalu and moga om zic panjang umur .wassalam

Anonymous said...

saya sekarang sedang nyoba paket dari SMART d1200p yang promosi gratis data access 12Giga .kadang saya pake SE K610 atau K708 untuk jalur 3G atau kadang juga menggunakan SE j300 via data GPRS..dan banyak lagi
Kalau anda mau cara-cara dan trik internetan gratis,banyak blog-blog yg membahasnya.
Anda bisa cari sendiri diinternet.

Anonymous said...

bro zic, aq dah menerapkan caranya bro zic ttg dummy batteries, internetan jd lancar.... thx,
tapi masalahnya sekarang hp SE nya gak mau hidup kalo dipasangin battere biasa, jadi mau hidupnya cuman pake usb dummy battere, apakah ada petunjuk bro zic ??? Thx, wassalam.

ZIC said...

Zic virtual battery dirancang dengan konfigurasi antara capasitor dan dioda zener yang berfungsi sebagai pengganti sel dari baterei sebenarnya dan mutlak teregulasi pada maksimum break 5Volt.Mencegah dari kondisi yg tak di inginkan .Secara teknis tak ada beda anda menggunakan VB dengan batery biasa layaknya anda menggunakan adaptor sebagai pengganti baterei/aki.
Jika anda mempunyai pertanyaan seputar usb dummy battery,silahkan hubungi authornya di www.oprekhp.com.
trim's

EoSICorp said...

Om zic, bila rangkaian virtual bat ini dicolokin lgsg ke port charge hp gmn? Maksutnya sbg pengganti cas hp yg biasa. Apakah sudah cukup catudayanya?
Oh ya, boleh request rangkaian converter 12v mjd 5v dc? Biar bisa ngecas hp lewat aki motor. Klo bisa dibikin posting tersendiri ya om. Sekalian penjelasannya. Saya tunggu postingnya. Txs sebelumnya.

Zul said...

om zic, kalau virtual battery nagambil catudaya dari port USB berarti ada dua pengecasan,dari HP maupun dari port USBnya sendiri.apa itu tdk merusak sistem HP ato VBnya sendiri. mohon penjelasannya om?

Roby Salendu said...

Halo mas zic,
saya tertarik membeli blog anda dan saya tawar blog anda seharga $35 dan saya bayar ke paypal milik mas.
Kalo mas tertarik silahkan mas email ke saya di robysalendu@gmail.com

Ahli Silsilah said...

blog yg aneh..
gak dicantumkan dimana alamat yang jelas LP2K nya itu dimana?
Bekasi dimana mas? saya mau service alat elektronik saya..
Arya 087882050817
trims..

Naga Blog said...

hemat baterai android