Pencarian
Servis tv sharp tv LG tv Toshiba tv Samsung tv Panasonic tv Akira TCL tv Sanyo Sony protek

07 December 2008

FILTER ANTI STORING



FILTER ANTI STORING ini saya buat atas permintaan dari my best friend di MULTI cellular bekasi,Untuk mereduksi pengaruh dari lampu neon ( TL ) 40W yang mengganggu beberapa perangkat kerjanya ( monitor - PC )di ruang reparasi HP .
Berdasar pengalaman yg saya buat untuk sdr.heriyanto ( Tailor ) di Babelan,pesawat TV serta Home theater-nya terganggu suara noise dari mesin jahit-nya.
Ada dua macam tipe anti storing ; AC dan DC..bedanya hanya untuk AC menggunakan capasitor nonpolar (100nF/630V) dan DC menggunakan capasitor bipolar 2200-3300uF/35v (untuk penggunaan di dalam mobil).
Anda dapat merakit rangkaiannya seperti yg saya lampirkan disini..untuk AC komponen trafo filternya bisa anda dapat kan dari bekas mesin monitor komputer ( dgn alasan besaran arus beban yang di tanggung lebih besar dari yg umum dipakai di pesawat TV ).
Siapkan dua buah trafo filter dan dua buah kapasitor C :100n/630V dua buah...rakit rangkaian tersebut.Gunakan jalur terpisah atau dapat anda gunakan "rol kabel" yang pada ujung colokannya dipasang alat ini dulu sebelum di masukan ke dalam steker..gunakan terminal-terminal di roll tersebut hanya untuk perangkat yg anda maksud kan.
Untuk pemakaian di dalam mobil ( biasa untuk Tape/CD mobil ) anda bisa memakai trafo ot 240 dua buah yg dipakai bagian sekundernya saja ( dilihat dari diameter kawat email yg lebih besar)...Atau menggunakan ferit batangan atau ring yang digulung email berdiameter 0,8-1,5mm sebanyak minimal 20 lilit. ( seperti gambar diatas.Semakin besar kawat yg digunakan ,semakin besar pula bentuk fisik perangkat tersebut).Gunakan elco berkualitas dengan kapasitas 470-2200/35V.Besar kecilnya nilai yg digunakan ditentukan oleh besar kecilnya noise yg tertengar.

Rangkaian ini berguna untuk meredam hum/noise yg ditimbulkan oleh induksi yg disebabkan lampu neon yg menggunakan trafo balast (menyebakan timbulnya noise 50/60hz).Juga meredam induksi yg dihasilkan perangkat motor ( motor mesin jahit ataupun induksi dari pengapian mesin mobil).
Anda bisa saja membeli jadi perangkat ini dipasaran.Tapi tak ada salahnya untuk membuatnya sendiri ,karena dengan merakit sendiri tentunya akan ada "rasa/feeling tentang fungsi alat yg kita rakit.Selain itu ,kelebihan merakit sendiri adalah ;kita bisa meng-improvisasi sebuah perangkat sesuai dengan yg kita kehendaki.
Tutorial ini mungkin terlihat amat sederhana dan sepele ( bagi kawan-kawan professional ) ,tapi saya harap berguna buat yang mau dan baru belajar dari hal-hal yg sederhana.
Kesederhanaan membuat segala sesuatu yg komplek akan lebih sederhana untuk difahami..

Regards,
zic

8 comments:

senasana said...

om, apa rangkaian ini bisa digunakan untuk pemasangan tape mobil, karna tape mobil sy selalu menimbulkan noise. Suara noisenya pun semakin jelas ketika gas mobil di pijak makin dalam :(, pls help me...

ZIC said...

Ya..justru rangkaian ini lebih sering dibuat untuk meminimalisir distorsi ( suara dengung mesin mobil)yang terdengar pada sistm audio mobil.gunakan dua buah trafo OT 240 dan dua buah elco 2200/25v.
Pakai kabel berdiameter cukup besar terutama untuk jalur ground.

adji said...

OM kalau saya lihat di rangkaian Elco nya cuma satu..? sedang kan anda menyarankan sua buah elco 2200/25v bisa diberikan gambar rangkaianya...? Thanks

Sastrojendro Joyonengratan said...

Terimakasih gan.... berkat tips dari anda, masalah storing pada HU saya sudah hilang total, dengungan jadi bersih dan suara audio jernih....
Saya menggunakan coil TH yg 120mH yang saya ambil dari monitor samsung bekas, pada ujung saya filter pakai Capasitor 4700mF...
Sekalipun kabel yg saya gunakan kecil, namun suara tetap jernih n maksimal.....

Saya merekomendasikan kepada rekan-rekan pencinta modif Audio mobil agar menggunakan ini, saya jamin aman n oke banget hasilnya....

VegaSSus RaZor X said...

PAk bisa konsultasi, untuk pembuatan ini.
masih ada yang bingung soal OT240, itu kan kawatnya kecil banget, bisakah menampung beban ampere yang gede?
dan 2 OT240 itu merangkainya bagaimana?

ahmad komari said...

Sangat bagus kang

Yulianto eko. ST said...

Gan anti storing buat mobil yg sdh jadi ada ngak. Jual ngak. Kalau ada ane minat. Ditunggu kbr. Telp ane.085101431499

Yulianto eko. ST said...

Gan anti storing buat mobil yg sdh jadi ada ngak. Jual ngak. Kalau ada ane minat. Ditunggu kbr. Telp ane.085101431499