Pencarian

19 December 2008

DVD MAXTRON


M-PEG DVD MAXTRON dan VITRON bahkan GMC adalah sangat mirip, biasa menggunakan chipset sunplus atau MT.Maka dari itu segala keluhan kerusakan kedua merek tersebut adalah hampir sama.
Disini saya membahas tentang kerusakan "BLANK" pada DVD MAXTRON model 83000-5 dan MAXTRON 683,hanya lampu asessoris yang menyala,lainnya matot ( mati total).
Semua keluaran tegangan dari unit power supply adalah normal hinnga menuju ke IC chipset ( sunplus).
Pertama saya solder ulang di sekitar kaki-kaki chipset,ternyata lcd dapat dapat tampil,open close pun berjalan normal,tapi setelah kira-kira 2 menit, M-peg manjadi hang ( tak berfungsi total) dan suhu chipset mendadak meningkat suhunya (panas).Optik pun tak pernah bisa membaca (reading).
Seperti pada kebanyakan kasus yang terjadi terhadap saudaranya (vitron).segera saya periksa jalur tegangan 3,3volt untuk chipset,walhasil ,ternyata dua buah dioda IN4007 dan satu transistor S8550 sangat panas dan menyebabkan drop pada jalur ini.
Segera saya mengganti ke empat komponen tersebut ( dua IN4007 dan dua TR S8550) beserta elco 220uF/16V dan 10uF/16V.Meskipun jika di ukur terlihat normal.
Kenapa demikian ,karena beban yang berat bagi kedua Transistor dan dioda tersebut menyebabkan suhu komponen menjadi naik,walhasil arus bocor dari pada kedua semiconductor tersebut meningkat pula ( mendekati titik batas maksimum break voltage semiconductor).
Setelahnyapergantian tersebut, terlihat optik berjalan dengan normal .
Tidak hanya sampai disitu ,setelah sekitar 10 menit berjalan ,kembali saya cek semua kondisi rangkaian,masih ada masalah;yaitu dua buah elco 220/35V di power supply ikut meningkat suhunya.Elco ini ada di jalur keluaran -+ 12Volt pada blok power supply.
Pergantian dua elco terakhir adalah proses terakhir dalam mereparasi kasus DVD MAXTRON ini.
Selamat mencoba.

regards,
zic


M-PEG MAXTRON DVD and even VITRON GMC is very similar, using a common chipset sunplus or MT.So that all complaints of damage to the two brands are almost the same.
Here I talk about the damage "BLANK" on DVD MAXTRON model 83000-5 and MAXTRON 683, only light asessoris that, other total dead
All output voltage from the power supply is normal to IC chipset (sunplus).
First I re-solder around the foot-feet chipset, the lcd can appear, close any open running normally, but after about 2 minutes, M-PEG hang (not working total) chipset and the temperature suddenly increased temperature (hot) . Optik was never able to read (reading).
As in most cases happens to his brother (vitron). I immediately check the line voltage to 3.3 volt chipset, Hence, the two dioda IN4007 transistor S8550 and a very hot and cause a drop in this path.
I immediately change to the four components (two and two IN4007 TR S8550) and its elco 220uF/16V and 10uF/16V.So if seen in the normal measure.
Why do so, because a heavy burden for the two transistors and dioda component is causing the temperature to be increased, Hence the flow of leaks from both Semiconductor is also increased (to a maximum break point voltage Semiconductor).
After changed, the visible optical running normally.
Not only there until, after about 10 minutes to run, I check back all the series of conditions, there is still a problem; the two elco 220/35V participate in the power supply increased temperatur.Elco this path in the output - + 12Volt power supply on the block.
Turn of the last two elco is last in the process of repair cases MAXTRON this DVD.
Congratulations try.

17 comments:

Anonymous said...

mas zic... q mau nanya ada tape polytron doble vcd warna biru,kerusakannya tombol2 gak bisa kerja semua udah saya ganti ic control nya tetep aja,lagi harganya mahal mas q beli ini harganya 225 di surabaya,oya kembali ke intinya ,trus biasanya apa nya ya mas,trus ini lagi mas lampu itu redup,buat profesor zic yg baik hati tolong di bales......ya

ZIC said...

Betul..anda tak perlu ganti IC uPDXXX tersebut..mahal.
cuci dengan thinner highloss di sekitar IC tersebut dan solder ulang.cek atau ganti VC (variable capasitor/trimpot kapasitor)kalo kotor X-tal ga kerja.program ga jalan.
Ganti IC 4069 di mainboard,ini ada hubungan langsung dengan IC programnya.
Jgn lupa cek jalur 12Volt (7812 serta elconya).lampu ada di jalur ini.

Aisy said...

Bpk.Zic yang baik hati,dapatkah kita mengganti optic pada dvd yang sudah lemah opticnya,dari optic bawaan dengan optic type lain contohnya:ada dvd audioblast dengan optic SF HD60,lalu kita ganti optic dengan type SF HD62,atau dengan type SF HD65,atau mungkin juga dengan type yang lainnya,bagaimana pendapat bpk.zic,terima kasih atas jawabanya

ZIC said...

Bisa..asalkan soket kabel datanya sama.Yang penting kalau optik untuk MP-4 harus di ganti yang MP-4 juga,meski pake optik yg masih MP3 dapat berjalan,tapi tidak bisa membaca disc dalam format DVD.Saya sering menggonta ganti optik yg berbeda dan kebanyakan bisa bekerja.meski tidak 100% benar.
Trim's

samsulelec said...

mas zic mang ngetop buanget...........kami beserta kru trima kasih yg se gede2 nya

samsulelec said...

mas zic kami sebagai kru samsulelec.makasih banyak salm buat mas zic moga selalu sehat walafiat selalu

Awi said...

Bang, saya punya vcd+mp3 merk Audio Blast. Dulu waktu masih baru gk ada masalah, tapi sekarang dah 5 tahun lebih vcd saya ada sedikit masalah.
1. Kalau mau putar disk yg baru dimasukkan, kenapa motornya gk langsung berputar ? Dulu gk begitu.
2. Apa fungsi IC besar yg pakai soket, yg terdapat pd mpeg vcd/dvd ?
3. Jika kita mengganti optik vcd yg dr pabrik menggunakan optik merk Sony trus diganti dgn optik merk Sanyo, apakah akan berpengaruh terhadap kekuatan membaca disk vcd yg sudah tergores?

ZIC said...

Perhatikan elco dan dioda di regulator.Ganti saja beserta motor SPINDLE (motor pemutar disc ).
Fungsi IC besar ( Chipset ) adalah DSP : Digital Signal Processor.
Optik Sanyo ( PN101 ) perfomance nya lebih bagus dibanding optik Sony (KSS213) dan Samsung ( SOH ).mereka dapat saling menggantikan,tapi jangan lupa merubah identitas / tata letak pin socket mekanik.

Anonymous said...

mas Zic...aku mau tanya..DVD Vitronku suaranya kecil kalo ke speaker aktif...tapi kalo speaker lewat tv suaranya besar..
tolong di bantu apa problemnya atau ada komponen yang rusak..

Di tunggu d/bnya

S.Adi/Paijo/Panggih Marjoko said...

Bang zic, aq punya dvd sony made malaysia.Kerusakan, tombol tdk berfungsi kecuali switch power(hanya bisa on .Of tdk bisa).Dgn tampilan gmbr kotak2 dan tdk bisa baca disc.Apanya yg hrs diganti bang?Tmksh.

S.Adi/Paijo/Panggih Marjoko said...

Bang, aq punya tv sharp dg ic m52340sp kondisi protek.Tp pd menu servis mode tv normal semuanya.IC stabilstr (78xx) sudah saya ganti.Tp tetap prötek.Trus kalo pada servis mode di stl agak lama (5 menit) sampe panas , trus di kembalikan ke NORMAL, tvnya hdup n normal.Tolong bang aku di kasih solusinya.

Unknown said...

Pak Zic..saya servis tv changhong 29inc masalahnya transistor horizontal sering jebol (bertahan 1 hari)Sudah 4x ganti..kira2 apannya yang jadi masalah...? tolooona di bls Trims Banyak

Anam said...

mas zic aq mau nanya dvd ichiko klo panas gambarnya putus2 kadang sulit baca disc, tegangan 1,8V & 3,3V normal. Tegangan regulatornya normal semua. optiknya sudah tak ganti tetap gak ada perubahan. Menurut pendapat mas zic dimana letak kerusakannya?

Maman said...

mas Zic q mau nanya nih...q unya dvd merk gmc.kerusakannya kalo d play cd berputar tp ngga bisa baca itu rusak apany ya

Maman said...

masZic q mau nanya nih...q punya dvd merk gmc,yang menjadi kendala klo d play cd berputar tetapi ngg mbaca padahal da tak ganti optic,motor masih ngg bisa kira2 apany ya....terima kasih

Robby said...

dvd player cassete tidak berputar optik nya nyala keliatan sinah merah menembus cassete namun cassete tidak berputar kenapa ya........? motor spindel sudah saya ganti tetap tidak berjalan saya sudah menguji motor spindel alias dinamo bahasa seharian nya nya itu dengan adaptor saya sambung kedua kaki nya merah kemerah hitam kehitam dynamo spindel nya berputar kencang selanjut nya yang mau saya tanyakan apakah masalah dvd player saya ini

Kancil Laut said...

mas Zic, kalau tampilan DVD sebelah-sebelah apanya yg rusak?? terus di tengahnya ada garis tebal seperti membelah 2 tapi tampil sebelah-sebelah. mohon pencerahannya ya mas Zic. makasih sebelumnya.