Pencarian
Servis tv sharp tv LG tv Toshiba tv Samsung tv Panasonic tv Akira TCL tv Sanyo Sony protek

23 November 2008

PROTEKSI PADA TV FLAT SANYO SLIM


Generasi terbaru tv sanyo berlayar CRT flat atau standard.menggunakan IC utama (MCU) seri: LA 769XX.yang secara internal mirip prossesor..dan kelebihan sekaligus kekurangan pada system rangkaian tv yg menggunakan IC ini adalah adanya sistem proteksi yang cara bekerjanya mengidentifikasi konfigurasi seluruh rangkaian berdasarkan parameter2 yang di tanam dalam ic memorinya..jika pada saat start, ada kelainan parameter tersebut (misal : besaran AGC, frekwensi horisontal,linearitas vertikal) nya berbeda ,maka secara otomatis IC ini akan memproteksi diri pada keadaan standby..dan baru akan menyala kembali kalau rangkaian sudah terkoreksi sebagaimana mestinya.
Pada kasus TV Flat sanyo CG21XS2..pesawat ini selalu balik ke posisi standby terus bila akan dinyalakan..padahal semua tegangan ,baik B+ nya ataupun teg.Vertikal bahkan 15Vnya juga normal..tetap saja tv selau protek.
ternyata disebabkan kondisi flyback-nya ada sedikit masalah kecil..perubahan kapasitas capasitor internal FBT..menjadikan output tegangan baik untuk heater dan ABLnya berubah,meskipun hanya sedikit sekali.
sedikit trik bisa membantu masalah ini ,dengan cara meng-cut (memutus) jumper J830..yang menuju pin 23 dari IC LA76938 ( pin ini dinamakan: INT1/P.0) salah satu pin untuk mendeteksi / mengontrol bagian horisontal.
spontan TV akan start seperti sediakala..jika mata anda tajam akan terlihat gambar seperti kekurangan tegangan untuk Video out/180-200V.
jika anda mendapat kan kasus TV sanyo seperti ini ,tidak ada salahnya gunakan trik seperti ini.untuk memastikan bahwa tv tidak terproteksi .
selamat mencoba

zic



28 comments:

Aisy said...

Bpk zic,saya juga lagi mendapatkan tv sanyo 14"type CG14SP1N,awal kerusakan bila tv di hidupkan,tidak mau hidup hanya dalam keadaan standby,setelah saya cek ternyata FBT short pada pin H.out terhadap ground,setelah saya ganti dengan yang baru tv mau menyala tapi hanya sebentar kira2 hanya 5 detik kemudian kembali ke posisi standby,tv ini juga menggunakan MCU yang menempel di bawah pcb(maaf typenya lupa),apakah kasus yang saya alami ini sama seperti yang Bpk.zic pernah bapak tulis kemarin?

Hendra said...

Ass. Bang zic dapat problem tv thosiba 29" biasanya pertama dinyalakan layar bleng tapi kalu tekan funsi menu semua kelihatan beberapa menit kemudian baru layar biru muncul gambar tertarik keatas sisi kiri&kanan bagian bawa melengkung dan kadang-kadang gambar tiba-tiba berubah mejadi sekam dan bergaris2 horisontal. elc2 sdh sya ganti. kira kira apanya yang rusak mohon pencerahannya

Oded said...

Ass Pak Zic Problem pada TV saya yaitu sanyo CG14SP1Z,bila TV di On dan kemudian hanya sebentar kira2 hanya 5 detik kemudian kembali ke posisi standby, saya check tegangan B+, VOut normal,ABL Normal tabung CRT bagus setelah saya periksa terletak di Tegangan Heater Filament, Jika kabel conection yang ke Heater CRT saya lepas TV tdak Protect TV ON Suara ada Saya check teg Heater = 0V ,kira kira apanya yang rusak mohon pencerahannya?

ZIC said...

AISY dan ODED :
Berdasarkan pengalaman untuk sanyo type CG 14SP -xx kerusakan tersebut di sebabkan oleh FBTnya yang sudah short,periksa dahulu TR OUT hor dan C collector (472/1,6 KV )dan periksa TR driver hor.kemungkinan lain adalah short pada IC vertikal ( LA78040),coba di cabut dulu dan hidupkan kembali pesawat TV untuk melihat response.
Untuk bung ODED,tidak adanya tegangan pada heater menandakan bahwa jelas FBT tidak berfungsi sama sekali.
HENDRA :
Coba anda solder ulang semua titik solder di bagian regulator , IC MCU,IC VERT dan sekitar FBT.Pastikan bahwa elco untuk tegangan rendah (12 - 16V) stabil.
kerusakan tersebut akibat tegangan yg tidak stabil pada blok vertikal dan B+ terutama anda cek komponen bagian defleksi (yoke)

Aisy said...

Pak zic! mau sharing lagi nih,saya dapet lagi 2 tv sanyo 14" dan 20" dengan type CG14SP1S dan CG20SP1S blok dan komponen sama.kerusakan kedua tv ini juga sama yaitu tv tidak bisa menangkap siaran televisi dalam arti begini saat kita manual search chanel tidak bisa lock ketika menangkap siaran stasiun tv alias bablas terus,kalau menggunakan fine tuning siaran stasiun tv bisa lock tapi begitu keluar dari menu,PLASSS siaran tv langsung hilang perlahan-lahan(seperti ada pergeseran tegangan 33V pada tuner),saya sudah solder ulang di semua bagian,sudah saya coba langsung ganti tunernya juga tidak ada hasilnya,saya ingin ganti coil MF nya tapi di Madiun belum ada yang jual,mungkin Pak Zic pernah mengalami kasus seperti ini,mohon petunjuknya,terima kasih sebelumnya.

zicelectronic said...

ya..cukup ganti IF nya dengan 6019,kadang perlu hanya sedikit di trim.Tapi saya lebih suka memakai IF aiwa 565.
Sebenarnya meskipun nomer IF berbeda dari sekian merek.tapi intinya hanya satu: yaitu mengunci sinyal frekwensi pembawa ( carrier ) sebesar 38,9Mhz.
Di workshop kami,saya hanya menyimpan IF 6019 untuk semua kebanyakan merk TV terutama china,karena umumnya mereka menggunakan IF dengan frek kunci 38,9 Mhz.meski ada yg memakai frek kunci sebesar 38.0 Mhz,tapi jarang.
Anda bisa buktikan sendiri,contohnya IF E08L atau 498U pada goldstar adalah sama dgn 6019,bedanya anda hanya cukup membuang kaki tengah dari baris tiga kakipada if 6019,kemudian dibalik pemasangannya ( baris kaki tiga yg di buang tengahnya masuk ke lubang baris dua pada pcb)karena baik 498u atau E08L menggunakan baris dua kaki yg digunakan.
Bahkan jika anda paham akankonfigurasi kaki IF,saya juga sering mengganti IF digitec/polytron lama :9074 yang besar dengan 6019 dan hasilnya OK!!.
Selamat mencoba dan sy tunggu kembali....terima kasih bung Aisy..

mat_ayi said...

bang zic emang keren. baru kali ini sy nemu situs yg bnr2 ikhlas berbagi ilmu.... bravo zic

bowo said...

tv panasonic regulator melengking

PRADANA SERVIS PROLINK said...

guru zic... aku butuh bantuan ,aku punya kerjaan tv sanyo,tipe nya 1AA4B...KURANG JELAS ,IC NYA QXXAVB889 DAN CROMA M3722B.TAU MENU SERVIS NYA MAS UDAH AKU COBA PAKAI MENU+VOL UP GAK BISA BANG ZIC.....,PAK GURU TOLONG AKU.....BUAT PAK GURU ZIC TERIMA KASIH....YG SE BANYAK2 NYA AND SUKSES BUAT GURU ZIC.....DARI MURID ABANG......

DIAN ELECTRONIC said...

bang mohon bantuanya sy punya masalah tv sanyo slim 21inc suaranya gak kluar rf maupun av sama saja. trima kasih atas bantuanya .

sidoel said...

Pak Zic, saya ada TV SANYO 14" type CG14SR1. Kerusakannya, bila TV dihidupkan pada awalnya gambar memendek di tengah2 layar, tidak lama kemudian gambar bergerak secara perlahan (keatas&kebawah), kemudian gambar normal/penuh pada layar. pertanyaan saya, apakah yg menjadi problem pada TV SANYO tersebut?

Uuk1 said...

Help me mr zic.. Tv saya merk sanyo cg29efs, ic no la76933, tiap kali mau dihidupkan slalu balik lg ke posisi standby. Apa kasus saya sama dengan yg pernah pak zic tangani? Jumper yg mana yg hrs saya cut? Thanks before mr zic.. Gbu.

salah said...

saya mau minta tolong nih, tv saya panasonik model TC14v11, trans horizontalout panaslalu mati ganti baru, kaya gitu lagi, gimananya ya mas, tolong info, makasih sebelumnya,

tape deck specialist said...

Bpk zic,saya nyervis tv sanyo CG21MX2,bila dinyalakan 3detik langsung stanby,ic vertical sdh tak copot msh protek,semua tegangan normal,bagaimana solusinya,maturnuwun

Moko said...

ikutan bertanya bang zic, da masalah tv sanyo CG21KF3, dengan MCU TDA12020H. Q641 yang terhubung dengan VR B+ adj dan autocoupler pecah, saya ganti dengan TR C1815, hasilnya output B+ sdh normal tapi belum bisa start normal ( start sebentar indicator led kedip2 kemudian st by ), bagian mana lagi yang harus saya periksa lagi? mksh sblmnya...

kholil said...

aku puya tv mark sanyo 21" di layar atas bawah kurang penuh atas krang 2cm sedang bawah kurang 11\2 cm udah saya coba buka pakai menu servis dng mengikuti pentjk { menu di remot+ volume up di tv } setelah saya coba menuservicnya tidak berfungsi pertanyanya yang rsak apanya ???

shalih said...

Bp Zic, saya minta tolong FBT Panasonic TC 2088 20" nomornya berapa ya, punya saya mati dan dah gak kliatan serinya, maturnuwun responsenya.

Dindin said...

salam om zic. muka baru nih. gmn cara setting servis kode tv sanyo vizon 21 inc, servis menu sdh kebuka, mau setting v size gmn?

sazali said...

tv philips model 21pt2325/69 gambar bergaris garis horizontal...

dw1speed said...

ZIC...ok bgt

dw1speed said...

ZIC...ok bgt

kose said...

Bang Zig salam kenal. mau ny langsung boleh kan bang.
problem tv sanyo 14" yang kalo start pertama suara langsung tinggi,/keras.display volume menunjukkan pd volume yg tinggi.tv bisa di kecilkan ,tp bila di pindah canel suara keras lagi, sdh coba gt ic mmemori tp tetep aja, mohon infonya bang, terima kasih

Ardh said...

Bang zic, salam kenal dari saya,klu boleh tahu alamat bengkelnya dimana, makasih

Ardh said...

Bang zic, tlg tv sanyo la79631 layar gambar gembok, tekan display gembok hilang, klu pindah channel terkunci lagi, mohon pencerahannya, makasii

AA said...

ASS bang zic, tv di rumah orang tua saya merk SAMSUNG 29" KS2A29U2, masalah nya gambar bagian bawah mengecil/ngelipet,komponen apa nya yang harus saya ganti (code/nilai nya berapa ,di area mana/deket komponen apa apa? minta tolong untuk bantuan/jawabannya, terima kasih banyak

H3NDR4 said...

Bpk zic,TV Toshiba bomba 21" saya,mengeluarkan suara mendesis & gambar warnanya pun agak kekuning'2an. kira2 apanya yg rusak? mhn pencerahaanya.

amir electronik said...

ass bang zic,saya punya kasus yg sama dng penjelasan anda di atas,setelah saya cut jumper nya tv bisa on,tetapi beberapa hari mati lg,semuanya bagus cuma teg ke vertikal selalu hilang,padahal komponen bagus,mohon pencerahannya

utthank mentari said...

Slm knal bang zic. Saya ada masalah dgn TV LG soundmax 21,ic prog
LG8993-29B, Reg STR
F6707A,
ic gbr TB1238BN.
Gambar n suaranya normal, tapi
slalu mati sendiri.
Klau tv di nyalakan kira2
sampai mesin agak panas, tv_nya mati & led ttp redup gk brubah jadi terang (klau standby nyalanya terang tapi ini tetap redup,padahal hor gk krja) & tv gk bisa di nyalain lagi,walau pake remot, tombol tv atau saklar power. Tapi klau di matikan (dgn saklar power),mesin di dinginkn trus dinyalakan lagi, tv normal lagi tapi cuma dlm hitungan detik,mati lagi ( led masih nyala redup, & gk kembali ke posisi standby). B+& tegangan yg lain normal, tolg bantu bang, ganti ic memory ttp bgitu, bagaimana solusinya bang? Thanks sblumnya.